Atomium, Monumen Futuristik Belgia

11:20:00 AM

Terletak di ibukota Belgia, Brussels, Atomium merupakan sebuah monumen unik setinggi 102 meter berbentuk bola-bola logam yang saling terhubung. Dinamakan Atomium karena bentuknya yang menyerupai model atom. Bola-bola logam ini tepatnya meniru struktur kristal dari logam besi yang diperbesar sebanyak 165 miliar kali.

via: http://tripfreakz.com
Atomium awalnya didirikan untuk keperluan World Expo di Brussels pada tahun 1958. Bentuk bangunannya dirancang oleh insinyur André Waterkeyn dengan semangat saintifik dan futuristik. Setelah World Expo usai, keberadaan Atomium tetap dipertahankan karena keunikannya. Atomium bahkan menjadi monumen baru yang ikut menghiasi lanskap Brussels. Begitu uniknya, sampai CNN pernah menyebut Atomium sebagai bangunan teraneh di Eropa.

Atomium tidak hanya monumen semata, karena ternyata juga bisa dimasuki. Masing-masing bolanya berisi ruangan dengan fungsi tersendiri. Sementara pipa-pipa yang mengubungkan tiap bola berisi lift dan eskalator. Ruangan favorit para pengunjung adalah bola teratas yang merupakan ruang pandang. Dari ketinggian 95 meter, pengunjung bisa menikmati indahnya panorama Kota Brussels.  Jika cuaca sedang cerah, pengunjung bahkan bisa melihat sampai ke Kota Antwerpen.


via: http://atomium.be
Selain ruang pandang, bola-bola Atomium juga terdiri dari restoran, ruang pameran, serta ruang khusus anak-anak. Ada juga toko souvenir yang menjual aneka kerajinan, oleh-oleh, maupun barang-barang khas tahun 50-an. Atomium buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 6 sore.

Untuk menuju ke Atomium, ada banyak pilihan moda transportasi. Kalau kamu sedang traveling sendiri, tidak bersama tur, kamu bisa naik kereta metro dari Stasiun Brussel-Centraal. Turun di Stasiun Beekkant, kemudian pindah kereta ke Line 6 dan turun di Stasiun Heysel/ Heizel. Dari sana, Atomium sudah bisa kelihatan. Cukup jalan kaki kira-kira 10 menit saja untuk sampai ke lokasi. Letaknya persis di seberang Mini Europe.


via: http://atomium.be
via: conixrdbm.com
via: www.picture-newsletter.com

You Might Also Like

0 komentar