Bebek Peking, Sajian Khas Beijing

10:28:00 AM

Kalau Anda termasuk penggemar masakan China, pasti sudah tidak asing lagi dengan menu yang satu ini. Bebek Peking adalah salah satu menu paling populer yang berasal dari Beijing, ibukota China. Konon menu ini sudah dikenal sejak abad ke-4 Masehi. Para era dinasti Yuan dan Ming, popularitas Bebek Peking menyebar mulai dari restoran pinggir jalan sampai ruang makan kaisar di Kota Terlarang. Kini, tak lengkap rasanya mengunjungi Beijing tanpa mencoba menu ini.


Bebek Peking terkenal karena tekstur kulitnya yang garing dan renyah. Setelah dibumbui, bebek dibakar dalam tungku tertutup atau pun tungku gantung sampai matang. Daging dan kulit bebek ini biasanya dihidangkan sudah dalam bentuk potongan kecil siap makan. Di sejumlah restoran, bebek yang sudah matang dibawa utuh ke meja makan dan dipotong langsung oleh koki sesuai cara tradisional.

Cara menyantap Bebek Peking ini bisa bermacam-macam sesuai selera. Yang paling umum adalah daging dan kulit digulung dengan kulit lumpia bersama timun, daun bawang, dan kecap atau saus hoisin. Kemudian dimakan seperti menyantap lumpia atau risol. Namun bisa juga langsung disantap dengan saus, atau sebagai lauk untuk makan nasi.

via: easytourchina.com
Ada banyak pilihan restoran yang menjual menu otentik Bebek Peking di Beijing. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah Quanjude dan Bianyifang yang sudah berumur tua dan menggunakan teknik tradisional turun temurun. Namun menu ini juga bisa ditemukan dengan mudah di mana pun, mulai dari rumah makan pinggir jalan sampai restoran mewah dan hotel berbintang.

via: seriouseats.com

via: dmagazine.com
via: www.lonelyplanet.com

You Might Also Like

0 komentar