Danau Baikal, Permata Biru Siberia

1:03:00 PM

Danau Baikal adalah sebuah danau raksasa yang terletak di Siberia, bagian Asia dari Rusia. Danau ini merupakan danau air tawar terbesar di dunia, dengan panjang mencapai 636 km dan menyimpan lebih dari 23.000 kilometer kubik air, sekitar 20% dari total cadangan air tawar cair di seluruh dunia. Dengan usia mencapai 25 juta tahun, Danau Baikal juga menjadi salah satu danau purba tertua yang belum kering

via: http://baikalsp.ru

Nama Danau Baikal berasal dari Baygal Nuur, yang berarti "danau alami" dalam Bahasa Buryat, salah satu varian Bahasa Mongolia. Selama berabad-abad, wilayah tepian Danau Baikal merupakan rumah dari etnis nomaden Buryat yang memanfaatkan air danau ini untuk memberi minum ternaknya. Dokumen Dinasti Han menamai danau ini Beihai yang berarti "laut utara", karena mereka melihat danau ini begitu luas seperti lautan. Begitu luasnya sampai terdapat sejumlah pulau di Danau Baikal. Yang terbesar adalah Pulau Olkhon dengan panjang lebih 100 km dan dihuni oleh sejumlah permukiman.
Bentang alam Danau Baikal sangat kaya akan kehidupan flora dan fauna. Lebih dari 1.000 spesies tanaman dan 2.500 spesies hewan tercatat mendiami kawasan ini. Angka ini masih terus bertambah seiring dilakukannya banyak penelitian biologi maupun geologi untuk mengungkap rahasia Danau Baikal. Beberapa hewan yang terkenal di danau ini di antaranya singa laut Baikal yang merupakan satu dari tiga spesies singa laut air tawar yang ada di dunia, serta ikan omul yang merupakan spesies endemik Danau Baikal.   


via: http://www.lifefoc.com
Saat ini, wilayah sekitar Danau Baikal telah berkembang menjadi daerah wisata. Terdapat stasiun kereta yang mengantarkan turis sampai ke bibir danau, di mana deretan resort dan hotel dapat dipilih untuk ditempati selama berada di sana. Jenis wisata yang digemari di Danau Baikal ialah berenang, bersantai di tepi danau, serta trekking menyusuri bentang alam di sekitar danau. Terdapat juga wisata musim dingin di mana para turis dapat menyusuri permukaan danau yang membeku dengan berjalan kaki.
Karena letaknya cukup terpencil, jumlah turis yang berkunjung ke Danau Baikal belum banyak. Jadi kita masih bisa merasakan suasana alam yang sepi dan jauh dari keramaian. Untuk sampai ke danau ini, pertama-tama kita bisa mengambil penerbangan dari Moskow, Beijing, atau Seoul ke Irkutsk. Dari Irkutsk, perjalanan dilanjutkan dengan bis atau mobil sewaan selama sekitar 90 menit sampai ke Desa Listvyanka di tepi Danau Baikal. Alternatif lainnya adalah melewati jalur kereta Trans-Siberian Railway atau Baikal Amur Mainline, dengan pemberhentian langsung di Danau Baikal.

via: www.56thparallel.com
via: http://fineartphotoawards.com
 
via: http://www.auroraviaggi.com


You Might Also Like

0 komentar