Distrik Gangnam, Kawasan Elit Seoul

11:33:00 AM

Sejak penyanyi Psy mempopulerkan lagu 'Gangnam Style', banyak orang penasaran, apa sih sebenarnya Gangnam itu? Gangnam-gu atau Distrik Gangnam adalah salah satu distrik paling elit di Kota Seoul, Korea Selatan. Karena banyak hal yang berbau Gangnam kerap identik dengan gaya hidup mewah, maka lahir lah istilah Gangnam style yang berkonotasi pada gaya hidup kaum kelas atas di Seoul.


via: static.ibnlive.com
Distrik Gangnam berada di selatan Seoul, tepat di seberang Sungai Han. Nama Gangnam sendiri berarti 'di selatan sungai'. Tingkat standar hidup di distrik ini tergolong sangat tinggi, ditandai dengan mahalnya harga properti dan sewa bangunan. Rata-rata biaya apartemennya mencapai 10.000 dollar per meter persegi, hampir dua kali lipat dibanding rata-rata biaya apartemen di Seoul secara umum.


Sampai awal tahun 80-an, Gangnam sebenarnya tergolong salah satu distrik paling kumuh dan terbelakang di Seoul. Namun berkat pembangunan yang serius, Gangnam berhasil disulap menjadi kawasan bergengsi. Kini, mudah sekali menemukan fashion jalanan dan warga Seoul yang berpakaian modis lalu lalang di sepanjang jalanan di Distrik Gangnam. Kafe-kafe, restoran, dan pusat bisnis serta perbelanjaan tumbuh subur bersama rumah-rumah mewah dengan arsitektur yang unik.

via: www.timelesslook.net
Pusat perbelanjaan yang terkenal di kawasan Gangnam di antaranya adalah adalah COEX Mall, Apgujeong, serta deretan pertokoan di sekitar Stasiun Gangnam dan Garusogil. Produk-produk pakaian, kosmetik, hingga perhiasan bisa ditemukan di sana. Gangnam juga memiliki kultur vegetarian yang cukup hidup, khususnya dengan tumbuhnya sejumlah restoran vegetarian di sekitar Kuil Buddha Bongeun-sa yang terletak tidak jauh dari COEX Mall.

Selain menjadi tempat berkumpul orang-orang kaya di Seoul, Gangnam juga menjadi pusat berkumpulnya orang-orang pintar. Hal ini ditunjukkan dengan reputasi sekolah-sekolah dan kampus di Gangnam yang sangat baik. Gangnam bahkan kerap disebut sebagai ibukota pendidikannya Korea Selatan. Banyak pelajar asing yang juga berminat untuk bersekolah di Distrik Gangnam, khususnya untuk memperdalam Bahasa Korea.

via: rjkoehler.tumblr.com
 
via: www.airbnb.com

via: www.airbnb.com

You Might Also Like

1 komentar

  1. sangat bermanfaat, terimakasih atas informasinya..

    ReplyDelete