Pastel de nata, Cemilan Nikmat Ala Portugal

7:46:00 PM

Kalau kita berjalan-jalan mengunjungi kafe atau toko kue di Portugal, kemungkinan besar kita akan menemukan jenis cemilan imut ini tersedia di etalase. Namanya pastel de nata, atau bentuk jamaknya pastéis de nata. Kue berbahan telur ini sangat digemari di Portugal sebagai teman saat bersantai dan ngobrol-ngobrol di luar jam makan.

via: www.theguardian.com

Kue pastel de nata awalnya diciptakan oleh para biarawan Katolik di Santa Maria de Belém di Lisabon pada abad ke-18. Kue tersebut dibuat dengan memanfaatkan sisa kuning telur setelah putihnya diambil para biarawati untuk menajinkan pakaian. Pada abad ke-19, resep kue ini kemudian dibeli oleh pabrik penyulingan gula di Lisabon yang kemudian membuka toko pastel de nata dengan nama Fábrica de Pastéis de Belém.

Saat ini, pastel de nata banyak dijual di toko kue (pastelarias) maupun toko roti (padarias) di Portugal. Beberapa variasi kue ini juga dibuat, misalnya yang berukuran besar seperti pai, tidak seperti umumnya pastel de nata yang seukuran mangkuk kecil. Di atasnya biasa ditaburi dengan kayu manis atau tepung gula.

via: www.flickr.com, fw42
Karena Portugal di masa lalu adalah sebulah imperium besar dengan banyak wilayah jajahan, maka resep pastel de nata pun menyebar dan ikut populer di wilayah-wilayah jajahannya. Sebut saja Brazil, Timor Leste, dan Macau yang tidak asing dengan resep ini. Di kota-kota besar dunia yang memiliki banyak populasi orang portugis, kue ini juga bisa ditemukan dengan cukup mudah. Seperti di Sydney, Toronto, New York, dan Paris.

via: michalography.com

via: http://www.vilamourisca.co.nz
via: http://honestcooking.com

You Might Also Like

0 komentar