Astana, Ibukota Kazakhstan Yang Futuristik

10:17:00 AM

Sejak merdeka pada Tahun 1991, para pemimpin Kazakhstan telah berniat untuk membangun sebuah ibukota baru bari negara mereka. Pada tahun 1998, ide itu diwujudkan dengan meresmikan Astana sebagai ibukota baru Kazakhstan. Sejumlah proyek mercusuar pun diluncurkan untuk menjadikan kota ini bukan hanya sebagai pusat politik dan ekonomi di Kazakhstan, tapi juga di seluruh Asia Tengah.


via: cnn.com
Berjalan-jalan di pusat kota Astana, kita bisa merasakan bahwa kota ini benar-benar dirancang dengan serius. Jalan-jalannya dibangun tertata dengan trotoar luas, sedangkan posisi gedung-gedung strategisnya yang memiliki arsitektur mencolok diatur sedemikian rupa sehingga bisa dilihat dari berbagai penjuru kota. Semuanya tampak begitu rapi, lapang, dan modern hingga menimbulkan rasa aneh tersendiri. Seperti kota khayalan yang dibangun jin atau alien dalam waktu semalam.


Beberapa bangunan di Astana menarik perbincangan banyak kalangan karena bentuknya yang unik. Di antaranya adalah Menara Bayterek, semacam tugu monas di jantung Kazakhtan yang desainnya terinspirasi dari legenda tentang pohon tempat bertelurnya burung ajaib Samruk. Ada juga Masjid Nur Astana yang merupakan masjid terbesar di Kazakhstan serta sebuah piramid futuristik yang diberi nama Istana Perdamaian dan Rekonsiliasi (Бейбітшілік пен келісім сарайы). Oleh kalangan penyuka teori konspirasi, piramid ini berserta desain umum kota Astana sering dihubung-hubungkan dengan simbol Illuminati.



via: convozine.com
Kota Astana memang masih tergolong sepi untuk sebuah ibukota. Sampai tahun 2014, populasinya masih di bawah 1 juta jiwa. Namun posisinya sebagai pusat ekonomi baru Kazakhstan terus menarik kedatangan para imigran dan tenaga profesional muda untuk mencari peruntungan di sana. Berbagai fasilitas seperti mall, pusat olahraga, universitas, serta transportasi umum pun terus dikembangkan untuk melayani kebutuhan warga Astana.

via: astana.gov.kz
via: nationalgeographic.com
via: squarespace.com

You Might Also Like

0 komentar