Tak Cukup Sehari di Jaipur

5:54:00 PM

Selain kota biru Jodhpur yang bermandi warna biru di tiap sudutnya, India juga punya kota unik lainnya yang dijuluki kota pink. Betul sekali, Jaipur namanya. Dijuluki kota pink atau pink city karena banyak bangunan tradisionalnya yang berwarna merah bata sehingga terlihat seperti pink. Ibukota Negara Bagian Rajasthan ini menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di India.


via: aussieindiaholidays.com.au
Jaipur (dari kata Jai dan Pur/ Pura) berarti Kota Jai, karena kota ini didirikan oleh Maharaja Jai Singh II dari Kerajaan Amber di Abad 18. Jaipur tergolong unik untuk ukuran kota tua di India karena tata kotanya yang lebih rapi. Meski pun sekarang terlihat berdebu, Jaipur pada masanya dirancang sebagai kota modern dengan jalan-jalan lebar dan pembagian wilayah kota yang jelas. Rumah-rumah di pinggir jalannya juga sudah memakai konsep ruko atau rumah bertingkat yang tinggi, sedangkan batas kotanya ditandai dengan gerbang-gerbang yang cantik.


Banyak sekali yang bisa dilakukan wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Namun yang paling diminati tentu saja adalah wisata belanjanya yang melimpah. Tinggal pilih sekian banyak bazaar maupun pusat perbelanjaan modern yang bertaburan di kota ini. Beberapa lokasi belanja favorit adalah Nehru Bazaar dan Johari Bazaar yang merupakan bazaar terbesar di Jaipur. Barang-barang yang dijual di bazaar umumnya adalah kain tradisional dan kerajinan khas Rajashtan seperti karpet, barang pecah belah, perhiasan perak, permata, lukisan, sepatu, tas, serta perabotan lain yang berbahan logam dan kulit hewan.

via: adreamdestination.com
Jaipur juga menjadi surga bagi para pencinta arsitektur India. Di kota ini, kita bisa menemukan sejumlah contoh terbaik dari arsitektur tradisional Rajashtan, seperti Istana Jaipur, Hawa Mahal, Benteng Nahargarh, dan Benteng Jaigarh. Tak ketinggalan deretan rumah-rumah dan ruko tradisional Jaipur yang berwarna merah bata. Jaipur juga punya kompleks observatorium kuno yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, yaitu Jantar Mantar. Dengan semua daya tariknya ini, jelas tak cukup sehari mengunjungi Jaipur.

via: fineartamerica.com

via: http://ilovejaipur.com
via: http://wanderingtrader.com

You Might Also Like

0 komentar