10 Aktivitas Gratis Saat Liburan di Singapura

3:58:00 PM

Yang gratis-gratis emang menarik deh. Apalagi di Singapura, yang tempat-tempat wisatanya seringkali lumayan mahal. Buat kamu yang pengen jalan-jalan ke Singapura tapi tetap irit dan asik, simak dulu pilihan aktivitas gratis berikut ini:

1. Pertunjukan Musik & Cahaya di Gardens by The Bay

via: amazingplacesonearth.com
Normalnya, kalau kamu masuk ke bagian conservatory atau jembatan pedestrian di Gardens by The Bay, kamu harus bayar tiket. Tapi kalau cuma jalan-jalan di bagian luarnya aja, di bawah supertrees yang gede-gede itu, kita ngga perlu bayar sama sekali. Plus kalau kita datangnya malam, kita bisa menikmati Garden Rhapsody, yaitu pertunjukan musik dan cahaya lampu-lampu yang cantik selama 15 menit. Jadwalnya adalah setiap hari pukul 19.45 dan 20.45 waktu setempat.

2. Gilman Barrack

via: firststopsingapore.com
Sebuah bekas barak tentara yang beralamat di 9 Lock Rd kini disulap menjadi kompleks seni kontemporer yang memiliki 16 galeri, serta menjadi markas NTU Centre for Contemporary Art Singapore. Kamu-kamu yang berjiwa artsy pasti bakal betah menghabiskan waktu bersama karya-karya seniman Singapura dan internasional di sini. 

3. Singapore Botanic Garden

via: asiatourist.info
Kebun Raya Singapura alias Singapore Botanic Garden bukan sekadar kebun raya biasa. Kebun yang dibangun pada Abad 19 ini sudah dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage karena kekayaan koleksi tanaman tropisnya. Tidak ada tiket masuk ke lokasi, sehingga kamu bisa jalan-jalan gratis di dalamnya. Bisa piknik, jogging, atau sekadar bersantai menghirup udara segar. Ada juga pemandu wisata dengan jadwal tertentu. Kamu cuma perlu bayar tiket kalau mau lanjut masuk ke National Orchid Garden yang memiliki koleksi anggrek terbesar di dunia.

4. Kuil Sri Mariamman

via:singapore-guide.com
Singapura adalah negara multikultural dengan populasi etnis India Tamil beragama Hindu yang cukup signifikan. Sehingga Singapura juga punya cukup banyak kuil eksotik berlanggam arsitektur India Selatan. Seperti Kuil Sri Mariamman yang beralamat di 244 South Bridge Rd. Kuil ini terkenal karena atapnya yang menjulang penuh pahatan dewa-dewi dan aneka tokoh, mirip seperti candi-candi di masa lalu. Kamu bisa berkunjung ke sini dan melihat-lihat gratis.

5. Forest Walk di Southern Ridges
 
via: ura.gov.sg

Southern Ridges di Bukit Merah punya jalur pedestrian melayang yang melintasi area hutan dan pepohonan sepanjang 10 kilometer. Kalau kamu suka berjalan kaki sambil menikmati alam, tempat ini cocok buat kamu explore. Banyak jalur berliku-liku yang seru untuk dilalui, termasuk jembatan Handerson Waves yang ikonik. Jangan lupa pakai sepatu yang nyaman dan bawa bekal air minum yang cukup. 

6. Vihara Kong Men San Phor Kark See

via:singapore-guide.com

Beralamat di 88 Bright Hill Rd, vihara ini merupakan kompleks kuil Buddha terbesar di Singapura. Di sini, kamu bisa melihat banyak pahatan khas Buddha Asia Timur seperti Dewi Kwan Im dan patung-patung buddha kecil yang imut. Juga ada pagoda, stupa, serta ruang ibadah dengan patung Buddha perunggu yang sangat besar. Kalau kamu ke sini pada musim perayaan, suasananya bisa sangat ramai.

7. Baba House

via: yoursingapore.com
Baba House alias Rumah Baba adalah sebuah museum kecil yang memamerkan sejarah peranakan Tionghoa di Singapura. Di dalamnya, kamu akan diajak tur berkeliling rumah selama 1 jam untuk bisa melihat seperti apa suasana kehidupan peranakan Tionghoa masa lalu di Singapura, seperti ruang-ruang di dalam rumah serta perabotannya. Rumah Baba ini dulunya merupakan kediaman seorang konglomerat Singapura Abad 19 bernama Wee Bin yang bergelut di bidang perkapalan. Tapi untuk bisa ikut tur gratis di dalamnya, kamu harus booking dulu ya ke: babahouse@nus.edu.sg

8. MacRitchie Treetop Walk

via: thecrowdedplanet.com
Ada banyak rute hiking di MacRitchie, bagian pusat Singapura. Salah satunya yang cukup terkenal adalah Treetop Walk, di mana kamu bisa melintasi jembatan gantung sepanjang 250 meter di atas pepohonan. Favorit banget, khususnya di kalangan turis pecinta alam. Jembatan ini dibuka mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore.         

9. Masjid Sultan

via: triponhalal.com
Masjid Sultan di Kampong Glam bisa jadi pilihan untuk beristirahat sejenak sekaligus melihat warisan budaya Islam Melayu di Singapura. Masjid ini awalnya dibangun dengan atap tumpang seperti umumnya masjid-masjid tradisional Nusantara. Namun pada awal Abad 20, masjid ini dibangun ulang dengan gaya India-Arab yang lebih kental, terutama pada kubah dan menaranya. Di sekitar masjid ini juga banyak pertokoan dan restoran yang bisa jadi pilihan untuk makan siang kita. 

10 Merlion Park di Marina Bay

via: dealsoffers.info
Yang ini pastinya ngga boleh kelewatan dong ya. Kayaknya kurang sah ke Singapura kalau belum ketemu si Singa Laut alias Merlion. Terutama kalau belum foto-foto dengan aneka pose di sini. Merlion Park di Marina Bay memang kawasan yang paling ikonik di Singapura sebagai waterfront city, hanya selangkah dengan Central Business District-nya.

Gimana, sudah kebayang kira-kira mau ke mana aja di Singapura? Selamat berlibur ya!

You Might Also Like

0 komentar