Lokum, Oleh-Oleh Manis dari Turki

2:53:00 AM

Saat liburan ke Turki, mungkin kamu akan banyak ditawari jajanan yang satu ini di toko oleh-oleh setempat. Bentuknya kotak dadu dengan tekstur lengket dan kenyal seperti jelly. Namanya lokum, atau Turkish delight kalau kata orang Inggris. Rasanya manis dengan aroma yang harum.

via: http://tour4arabs.net
Konon, lokum yang dikenal sekarang pada mulanya dibuat oleh Bekir Efendi, seorang pengusaha manisan di Istanbul pada abad ke-18. Sampai sekarang lokum tersebut masih dijual dengan merek Haci Bekir. Tapi tentu saja lokum di Turki saat ini sudah diproduksi massal oleh banyak orang dan industri berbeda, baik skala rumahan maupun besar.   

via: http://wizardistanbul.com
Di toko-toko yang menjual lokum, biasanya kamu bisa melihat aneka jenis lokum dipajang dalam susunan yang menarik. Lokum tersedia dalam banyak pilihan aroma, seperti jeruk, lemon, dan mawar. Ada juga aroma mint dan kayu manis. Tiap potongan lokum biasanya dibalut dengan tepung gula atau kelapa agar tidak saling menempel. Beberapa jenis lokum yang lebih mahal juga diberi campuran hazelnut, kurma, atau pistachio di dalamnya.  

via: colourbox.com
Di Istanbul, toko lokum yang dikelola keluarga Efendi Bekir masih bisa dikunjungi di Istiklal Caddesi No.83/6, Beyoğlu. Pilihan lain yang patut dipertimbangkan yaitu Şekerci ​Cafer Erol di Yasa Caddesi No.19, Kadıköy, Divan Patisserie di Cevdet Paşa Caddesi No.28/A, Bebek. Ada pun jenis lokum yang lebih premium bisa ditemui di toko seperti Selamlique di Zorlu Center, Zincirlikuyu, yang menjual lokum berlapis coklat putih dengan taburan serbuk emas.  

via: everythingturkish.com.au

You Might Also Like

0 komentar