Berkunjung ke Kuil Fushimi Inari

10:48:00 AM

Daerah Kyoto di Jepang memiliki banyak sekali kuil kuno yang bersejarah. Salah satunya yang paling terkenal ialah Fushimi Inari Taisha, yaitu sebuah kuil Shinto yang didedikasikan untuk Inari, dewi kesuburan dan kemakmuran. Kuil ini bukan sembarang kuil, karena merupakan kuil induk dari seluruh kuil Inari yang ada di Jepang.

via: http://youinjapan.net
Fushimi Inari Taisha berdiri di atas Bukit Inari di daerah Fushimi-ku di Prefektur Kyoto. Jalan setapak di belakang kuil ini dihiasi oleh ribuan gapura merah yang disebut torii. Kalau kamu pernah menonton film Memoirs of a Geisha, mungkin kamu ingat adegan terakhirnya di mana Chiyo kecil berlari di jalan setapak dengan ribuan torii merah. Di sini lah lokasi syutingnya. Diperkirakan ada lebih dari 5.000 torii yang berjajar di sepanjang jalan tersebut. Bahkan ada yang menyebutnya sampai 10.000. Tiap-tiap torii itu disumbangkan oleh sebuah perusahaan di Jepang sebagai simbol persembahan kepada Inari. Mengingat posisinya sebagai dewi kemakmuran serta pelindung para pedagang, banyak sekali pengusaha yang menyumbang untuk kuil ini.

via: tokyophotolog.wordpress.com
Salah satu ciri khas Kuil Inari adalah adanya patung-patung rubah atau kitsune. Rubah dipercaya sebagai pembawa pesan Inari, sehingga dihormati oleh para peziarah kuil. Patung-patung kitsune biasanya digambarkan menggigit kunci lumbung padi sebagai lambang pembawa kemakmuran. Pada zaman dahulu, terdapat juga rubah hidup yang berkeliaran di sekitar kuil. Saat ini, toko-toko di sekitar kuil tersebut banyak menjual aneka pernak-pernik yang bertema rubah seperti topeng dan patung rubah.
Dari Kyoto, Fushimi Inari Taisha bisa dijangkau dengan bis maupun kereta. Kuil ini terletak tepat di luar Stasiun JR Line, yaitu stasiun kedua dari Stasiun Kyoto di JR Nara Line. Alternatif lainnya, bisa juga turun di Stasiun Fushimi Inari yang berada di Keihan Main Line.

via: wired2theworld.com

via: http://www.travelcaffeine.com
via: http://andi.flowrider.ch

You Might Also Like

0 komentar