600 Tahun Jam Astronomi Praha

5:26:00 PM

Di alun-alun kota tua Praha, Republik Ceko, terdapat sebuah benda bersejarah yang menjadi kebanggaan seisi kota. Benda ini adalah sebuah jam kuno raksasa yang terpasang dinding selatan Balai Kota. Sejak pertama kali dipasang pada Tahun 1410, jam ini masih terus beroperasi menunjukkan waktu, menjadikannya sebagai jam astronomi tertua di dunia yang masih hidup.

via: czechtourism.com

Jam Astronomi Praha, atau yang biasa disebut Orloj, adalah sebuah jam mekanik kuno yang juga berfungsi sebagai penunjuk pergerakan benda-benda langit. Jam ini dirancang oleh Mikuláš dari Kadaň bersama dengan Jan Šindel, seorang profesor matematika dan astronomi di Universitas Charles. Sebuah jam kalender kemudian juga ditambahkan bersama dengan hiasan dan ukiran bergaya gothik yang sangat detail.

Latar pada Jam Astronomi Praha melambangkan pemandangan langit setempat, yang dilapisi dengan komponen bergerak di atasnya. Komponen-komponen tersebut di antaranya adalah cincin zodiak yang menunjukkan zodiak saat ini, serta dua ikon yang masing-masing melambangkan pergerakan matahari dan bulan. Jam ini dapat digunakan di antaranya untuk membaca posisi matahari di berbagai musim. Hiasan patung-patung bergerak semakin mempercantik jam ini, seperti patung 12 Rasul dalam ajaran Kristen yang dirancang untuk muncul setiap jam sesuai 12 angka pada jam.

via: http://blog.excellenthotels.com
 Jam astronomi Orloj benar-benar obyek paling terkenal di kota tua Praha, sampai para pedagang pun menjual souvenir replika jam ini. Pada ulang tahun jam ini yang ke-600 pada Tahun 2010 lalu, warga Praha dan Ceko serta turis dari seluruh dunia ikut merayakannya bersama. Jam ini menjadi saksi zaman rennaisans dan bangkitnya ilmu pengetahuan yang meluas di seluruh Eropa selama ratusan tahun berikutnya.

via: thewanderingstardust.blogspot.com
via: muscache.com
via: lanuvolabianca.com

You Might Also Like

0 komentar