Foto-Foto Kereta Api Dulu dan Kini: Bukti Kita Bisa Berubah Lebih Baik

Apakah kamu suka traveling menggunakan kereta api? Kalau kamu sudah menggunakan moda transportasi ini sejak era 2000-an atau sebelumnya, pasti kamu sangat merasakan perbedaannya dengan layanan kereta api hari ini.  Foto-foto berikut ini menunjukkan betapa jauhnya Kereta Api Indonesia (KAI) telah berubah dan berbenah.

via: @gevita_/ IG

Dulu, kondisi stasiun kereta api sangat semerawut. Banyak penumpang yang naik kereta tanpa membeli karcis, dan melompat ke atap gerbong. Kondisi gerbongnya kotor, kumuh, tanpa AC, seringkali tanpa jendela dan pintu juga. Kalau malam hari, gerbong kereta juga seringkali gelap tanpa lampu. Tapi sejak perombakan yang diluncurkan oleh Bapak Ignatius Jonan selalu Dirut KAI 2009-2014, sistem kereta api di Indonesia mengalami perubahan yang luar biasa pesat.

via: @robymln31/ IG
via: @buddy_trisatyo/ IG

Dulu, kereta jarak jauh sekalipun tidak memiliki nomor kursi untuk kelas ekonominya. Tiket yang dijual bisa jauh melebihi jumlah kursi. Jadi penumpang akan berebut masuk begitu kereta tiba di stasiun. Mereka yang tidak kebagian kursi terpaksa harus berdiri atau duduk lesehan di lorong kereta yang penuh sesak. Di tiap stasiun, para pedagang asongan hingga pengemis dan pengamen juga sudah siap bergerilya ke dalam gerbong-gerbong.

via: @reverangel/ IG

via: @aedatm/ IG

KRL dalam kota di masa lalu punya reputasi yang lebih mengerikan lagi. Selain kumuh, gerbong-gerbong KRL juga rawan tindak kriminal. Mulai dari pencopetan, penodongan, sampai pelecehan seksual dan pemerkosaan. Pernah tersiar kabar bahwa seorang korban pencopetan didorong keluar dari kereta yang sedang melaju, karena tidak ada pintunya. Juga tidak ada petugas keamanan yang berkeliling mengawasi seperti saat ini.

via: @_a_ma_te_ra_su/ IG

via: @aditya_rmb/IG

via: @
haykalibnu_mercedesbenz1626/ IG

Kini layanan kereta api telah berevolusi menjadi moda transportasi yang modern, efisien, dan manusiawi. Standar keamanan dan kebersihan di seluruh lingkungan stasiun diterapkan dengan sangat baik, termasuk area toilet dan mushola. Jadwal kereta juga menjadi jauh lebih tepat waktu dan bisa diandalkan. Untuk kereta jarak jauh, para kru telah dilatih dengan standar service yang tidak kalah dengan pramugari di pesawat.

via: @brondhys, @ryan.prygo/ IG

Sejumlah inovasi juga terus diperkenalkan oleh Kereta Api Indonesia, mulai dari kereta sleeper dan priority, sampai kereta panoramic dengan jendela super besar dan atap transparan.

via: @jumalianta, @balaipengujianka/ IG

Kereta Api Indonesia sudah membuktikan bahwa Bangsa Indonesia bisa berubah menjadi lebih baik. Bagaimana menurut kamu? Kira-kira apa ya rahasia KAI mencapai perubahan ini, dan bisakah diterapkan di sektor lainnya di seluruh Indonesia? Apakah kamu punya pengalaman menarik saat mengendarai kereta api? Tuliskan pendapat dan pengalamanmu di kolom komentar ya!

Post a Comment

0 Comments