21 Hal Seru yang Harus Dicoba di Beijing

5:23:00 PM

Beijing adalah ibukota raksasa Negeri China. Pusat peradaban Asia Timur dengan sejarah yang membentang selama lebih dari 3.000 tahun.Terdapat setidaknya 7 situs yang dideklarasikan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO di kota ini. Tidak heran jika jutaan turis mengunjungi Beijing setiap tahunnya.
Beijing pertama kali mendapatkan status penting sebagai ibukota pada era Dinasti Jin di Abad ke-12. Setelah hancur akibat perang, bagian utara kota ini dibangun kembali oleh Kubilai Khan pada Abad 13 sebagai ibukota Dinasti Yuan dengan nama Khanbaliq. Puncaknya terjadi pada Dinasti Ming, di mana sejumlah mahakarya arsitektur seperti Kota Terlarang dan Kuil Langit dibangun. Setelah Kaisar China terakhir digulingkan pada Abad ke-20, ibukota China sempat dipindahkan ke Nanjing oleh kelompok Republik. Namun setelah kemenangan Partai Komunis China di bawah pimpinan Mao Zedong, ibukota dikembalikan ke Beijing sampai saat ini.

Apa saja yang bisa kita lakukan saat berkunjung ke Beijingi? Banyak sekali! Berikut 21 di antaranya yang pastinya menarik untuk dicoba: 

1. Menyusuri Kota Terlarang

via: hostelblog.hostelrocket.com
Kota Terlarang atau Forbidden City (Zijin Cheng) adalah kompleks istana raksasa dengan banyak paviliun yang didirikan oleh Dinasti Ming. Dinamakan demikian, karena dahulu area ini terlarang dimasuki oleh orang biasa. Hanya orang-orang yang diizinkan Kaisar saja yang bisa masuk ke dalam kompleksnya. Kini, Kota Terlarang sudah beralih fungsi menjadi museum dan dibuka untuk publik. Dengan lebih dari 14 juta pengunjung per tahun, Kota Terlarang menjadi museum yang paling banyak dikunjungi di dunia.

2. Berteduh di Taman Jingshan

via: http://live-less-ordinary.com
Tepat di utara Kota terlarang, terdapat sebuah taman berbukit yang pernah menjadi tempat berkumpul dan bersantai para pejabat kekaisaran China. Taman ini disebut Jingshan, yang berarti 'bukit kesejahteraan'. Dari atasnya, kamu bisa mendapat pemandangan yang bagus ke seluruh Kota Terlarang. Banyak warga Beijing yang senang melakukan aktivitas di tempat ini, seperti bermain musik, menari, menyanyi lagu tradisional, atau sekadar berkumpul bersama teman.

3. Menyambangi National Centre for the Performing Arts

via: http://planetden.com
Beralih ke selatan, tepatnya di sisi barat Lapangan Tiananmen, berdiri bangunan megah bergaya kontemporer yang terlihat sebagai telur raksasa berwarna metalik. Bangunan ini adalah National Centre for the Performing Arts, yang dirancang oleh arsitek Perancis Paul Andreu dan diresmikan pada 2007. Berdiri di atas sebuah danau buatan, bangunan ini memiliki ruang khusus untuk pertunjukan musik, opera, dan teater.

4. Belajar Sejarah di Museum Nasional China

via: jthlivitischinahomework.wordpress.com

Di seberang si telur raksasa adalah Museum Nasional China yang berdiri di sisi timur Lapangan Tiananmen. Ini adalah salah satu museum terbesar di dunia yang memiliki lebih dari 1 juta koleksi permanen. Koleksi yang dipamerkan meliputi benda-benda bersejarah sepanjang sejarah China mulai dari era pra-sejarah hingga menjelang masa modern.
 
5. Berkunjung ke Kuil Langit

via: http://spirittourism.com

 Lebih ke selatan lagi, di Jalan Tiantan, berdiri sebuah kompleks kuil raksasa yang sebaiknya tidak kamu lewatkan. Ini dia Kuil Langit alias Temple of Heaven (Tian Tan), yaitu sebuah kuil yang didirikan pada Abad 15 oleh Dinasti Ming. Selain bentuknya yang ikonik, kuil ini juga berperan penting sebagai tempat peribadatan para kaisar di masa lalu. Kini kawasan Kuil langit telah diubah menjadi taman yang dibuka untuk publik.

6.  Belok ke Kuil Bumi

via: www.news.cn
Kalau sudah ke Kuil Langit, rasanya belum lengkap kalau tidak sekalian ke Kuil Bumi (Di Tan), yang berada di daerah Andingmen di luar Ring Road 2. Ini adalah kuil terbesar kedua setelah Kuil Langit di antara 4 serangkai kuil kekaisaran. Dua kuil lainnya yaitu Kuil Matahari dan Kuil Bulan. Sama seperti Kuil Langit, Kuil Bumi saat ini juga sudah dialihfungsikan menjadi taman publik. Pada waktu-waktu tertentu, kita bisa menyaksikan kemeriahan festival yang digelar di sini.

7. Menapaki Klenteng Beijing

via: sinosphere.blogs.nytimes.com
Beijing punya sebuah tempat peribadatan Konghucu besar yang disebut Beijing Kongmiao atau Klenteng Beijing di Jalan Guozijian. Bangunan yang berasal dari Abad ke-14 ini merupakan klenteng terbesar kedua di daratan China. Pepohonan di pekarangan kelnteng juga banyak sudah berumur tua. Para pejabat istana dahulu biasa datang kemari untuk menghormati Konghucu.

8. Bertandang ke Istana Musim Panas

via: http://themosbyexperience.com

Istana Musim Panas atau Summer Palace (Yiheyuan) adalah sebuah kompleks taman raksasa yang terdiri dari Danau Kunming dan Bukit Wanshou. Danau Kunming adalah sebuah danau buatan, dan tanah galiannya ditimbun menjadi Bukit Wanshou. Di antara rimbunnya pepohonan taman di Bukit Wanshou, berdiri sejumlah paviliun, kuil, dan pagoda yang yang tampak asri. Kawasan ini termasuk dalam Warisan Dunia yang ditetapkan UNESCO.

9. Belanja di Wangfujing

via: whereisfatboy.blogspot.com

Kalau soal belanja, Wangfujing di Distrik Dongcheng adalah pilihan pertama. Kawasan pedestrian ini sudah menjadi area komersial sejak Dinasti Ming, dan semakin ramai saat ini dengan banyaknya toko yang menjual aneka pakaian, topi, sepatu, hingga makanan dan cemilan yang tidak lazim.

10. Makan-Makan di Pasar Malam Donghuamen

via: flickr.com, Clara Alim

Di ujung Wangfujing, di sisi timur Kota Terlarang, ada lagi kawasan pasar malam yang lebih terkenal dengan makanannya, yaitu Pasar Malam Donghuamen. Di sini kita bisa menemukan aneka Chinese food ala Beijing, baik yang sudah sering kita temui seperti lumpia dan pangsit, sampai yang aneh-aneh, ekstrim, dan jarang kita dengar seperti ulat, kalajengking, bintang laut, dan kuda laut.

11. Cuci Mata di Taikoo Li Sanlitun

via: http://www.refoxrelocation.com
 Kawasan Sanlitun di Distrik Chaoyang punya sebuah pusat perbelanjaan yang desain kontemporer yang menarik, yaitu Taikoo Li Sanlitun. Di dalamnya, kita bisa menemukan banyak pilihan restoran, toko-toko produk fashion, bar, bioskop, galeri seni, dan hotel. Letaknya tidak jauh dari Stadion Gong Ti yang sering dipakai untuk pertandingan sepakbola dan konser musik.

12. Bertemu Panda di Kebun Binatang Beijing

via: http://story.tourders.com

Kebun Binatang Beijing di Distrik Xicheng memiliki desain khas taman-taman tradisional China. Kebun binatang ini didirikan pada awal Abad 20 oleh Dinasti terakhir China, dan merupakan salah satu kebun binatang tertua di China. Sejumlah koleksi hewan yang bisa dilihat di sini antara lain adalah panda, aligator China, harimau Siberia, macan salju, bangau, dan masih banyak lagi.

13. Mampir ke Stadion Nasional Beijing

via: www.beijingholiday.com

Stadion Nasional Beijing memiliki bentuk seperti serat-serat melingkar yang mirip sangkar di atas pohon, sehingga sering juga disebut Sangkar Burung. Stadion ini khusus dibangun untuk Olimpiade Beijing 2008. Saat ini, stadion lebih sering digunakan untuk pertandingan sepakbola dan konser musik.

14. Berenang di Beijing National Aquatics Centre

via: e-architect.co.uk

Tepat di seberang Sangkar Burung, kamu bisa melihat bangunan seperti balok yang terbuat dari gelembung sabun ini. Bangunan ini adalah kompleks kolam renang Beijing National Aquatics Centre yang juga dibangun untuk menyambut Olimpiade Beijing 2008. Setelah Olimpiade selesai, tempat ini direnovasi menjadi water park dengan sejumlah perosotan air yang bisa menjadi tempat rekreasi keluarga.

15. Bertamu ke Masjid Niujie 

via: http://media.worldbulletin.net
Masjid tertua di Beijing ini pertama kali didirikan di Abad 10, kemudian dipugar dan diperluas pada era Kaisar Kangxi sekitar Abad 17. Masjid ini terkenal karena arsitekturnya yang kental dengan langgam tradisional Han China, dan sering dikunjungi oleh para turis Muslim dari mancanegara.

16. Makan Halal di Restoran Hong Bin Lou

via: http://www.chinatouradvisors.com

Kalau kamu ingin makanan yang terjamin kehalalannya, Beijing juga punya banyak sekali pilihan. Salah satunya yang banyak digemari adalah Restoran Hong Bin Lou di Jalan Zhanlanguan, Distrik Xicheng. Di sini, kamu bisa mencicipi banyak menu Chinese food yang enak seperti Bebek Peking dan Dim Sum tanpa perlu ragu dengan kehalalannya.

17. Belajar Sains di Beijing Planetarium

via: http://cdn.archinect.net
Beijing Planetarium adalah sebuah museum sains modern yang berfokus pada astronomi. Gedung ini memiliki dua ruang pameran, teater 3 dimensi, 4 dimensi, planetarium, serta observatorium untuk mengamati bintang. Museum ini biasanya dikunjungi oleh anak-anak sekolah di Beijing.

18. Mengamati Peralatan Kuno di Observatorium Kuno Beijing

via: randomwire.com
Ilmu astronomi sudah lama dikaji di China. Buktinya dapat dilihat di Observatorium Kuno Beijing, yang didirikan pada Abad 15 oleh Dinasti Ming. Para astronom China di masa lalu mengamati pergerakan bintang-bintang dari tempat ini. Sejumlah peralatan astronomi kuno yang tampak eksotik, termasuk jam matahari dan alat untuk mengukur derajat, bisa juga dilihat di sini.

19. Bersantai di Shichahai

via: http://www.beijinghutongtour.com
 Shichahai adalah kawasan bersejarah yang meliputi tiga danau di utara area Beijing pusat. Kawasan ini di masa lalu disebut Heyan, atau tepi sungai. Pemandangan khas tepi sungai sebuah kota kuno di Negeri China bisa kita temukan di sini, lengkap dengan pagar dan jembatan serta paviliun dan hutong (gang sempit) yang semuanya bergaya tradisional.

20.  Mengunjungi Taman Beihai

via: http://www.pre-tend.com


Kembali ke area sekitar Kota Terlarang, terdapat satu taman lagi yang layak untuk dikunjungi, yaitu Taman Beihai. Taman ini berupa sebuah danau dengan pulau di tengahnya yang disebut Pulau Bunga Giok (Qiong Hua Dao). Di puncak pulau tersebut, berdiri sebuah stupa putih bergaya Tibet yang dibangun untuk menghormati kunjungan Dalai Lama ke-5 pada Tahun 1651.

21. Meniti Tembok Besar China

via: http://www.china-tour.cn
Yang pastinya tidak akan kamu lewatkan, yaitu Tembok Besar China. Tembok bersejarah ini membentang di bagian utara China, termasuk melintasi kawasan utara Beijing. Dua bagian tembok yang terkenal di Beijing yaitu Badaling dan Mutianyu. Kamu bisa pilih, yang mana yang mau kamu kunjungi. 

You Might Also Like

0 komentar