Bagan, Lembah Seribu Stupa

12:21:00 PM

Bagan adalah sebuah kota kuno yang terletak di daerah Mandalay di Myanmar. Sekitar abad ke-11 sampai 13 Masehi, Bagan merupakan ibukota Kerajaan Pagan. Pada masa ini lah dibangun sekitar 4.000 kuil, stupa, dan wihara Buddha yang menyebar di seluruh Lembah Bagan hingga ke tepi Sungai Irrawaddy. Hingga saat ini, 2.200 di antaranya masih tersisa, menyiratkan suasana daerah ini di masa kejayaannya.



via: http://lmtravelmyanmar.com
Zona Arkeologi Bagan ditetapkan di area seluas 13 x 8 kilometer yang diduga merupakan kawasan Kerajaan Pagan kuno. Di lembah ini lah sisa-sisa kuil dan pagoda itu dapat ditemukan menyebar dalam jarak berdekatan, mirip dengan Lembah Prambanan yang dipenuhi candi dalam jarak berdekatan. Beberapa di antara kuil itu masih digunakan sebagai tempat ibadah oleh warga setempat.

Kuil terbesar di lembah ini adalah Dhammayangyi yang dibangun sekitar abad 12. Kuil yang berbentuk mirip piramid ini terlihat mencolok di antara kuil-kuil dan stupa lainnya. Selain melihat-lihat lanskap dan detail kuil-kuil kuno, para turis juga bisa berkunjung ke kota dan menikmati suasana khas Bagan. Juga berbelanja oleh-oleh kerajinan lokal, seperti perabot kayu dan anyaman.

via: ngm.nationalgeographic.com
Untuk mengunjungi Bagan, sebagian besar turis menggunakan jalur udara dari Yangon menuju Bandara Nyaung U. Sejumlah alternatif juga dapat dipilih, di antaranya adalah kereta api, bis, dan perahu yang melintasi Sungai Irrawaddy. Sementara untuk berkeliling dari satu kuil ke kuil lainnya, para turis dapat menggunakan mobil, motor, sepeda, atau berjalan kaki dengan syarat stamina harus kuat.

via: http://myanmarreisefuehrer.com

via: www.triip.me
via: www.matteocolombo.com

You Might Also Like

0 komentar