7 Museum Yang Patut Dicoba di Jakarta

2:35:00 PM

Kamu pecinta museum? Jakarta punya banyak pilihan museum dengan tema yang berbeda-beda. Tidak akan cukup seharian untuk menjelajahi semuanya. Ini dia beberapa di antaranya yang patut kamu coba:

1. Museum Wayang, Jakarta Barat

via: kamanawaeman.blogspot.com
 Museum ini terletak di kawasan Kota Tua, memamerkan aneka wayang dari seluruh Indonesia. Mulai dari wayang kulit sampai wayang golek dan potehi. Mulai dari wayang klasik untuk kisah-kisah Mahabharata, sampai wayang untuk kisah-kisah Islam, Kristen, Tionghoa, dan modern. Ada juga boneka-boneka dari mancanegara, seperti India dan Rusia. 

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.27, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

2. Museum Keramik, Jakarta Barat
 
via: oldlook.indonesia.travel

Tidak jauh dari Museum Wayang, berdiri museum lain yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik. Bangunan museum yang bergaya Yunani ini awalnya digunakan sebagai gedung pengadilan di zaman kolonial Belanda. Sejumlah koleksi yang dipamerkan di sini di antaranya adalah aneka keramik, gerabah, kerajinan tangan tradisional, serta karya pelukis terkenal seperti Raden Saleh dan Affandi. 

Alamat: Jl. Pos Kota No.2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

3. Museum Nasional, Jakarta Pusat
 
via: ksmtour.com

Dikenal juga sebagai Museum Gajah, karena patung gajah dari Abad 19 yang berdiri di depannya. Terletak tepat di seberang Monas, ini lah museum tertua dan terbesar di Indonesia yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Koleksinya meliputi beragam artefak dari seluruh Indonesia mulai dari zaman pra-sejarah sampai menjelang Abad 20. Mulai dari arca-arca Hindu-Buddha sampai perhiasan emas para raja dan ratu zaman dahulu kala.  

Alamat: Jl. Medan Merdeka Barat No.12, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

4. Museum Bahari, Jakarta Utara

via: m.gedoor.com
Museum yang menggunakan bangunan bekas gudang milik VOC ini memamerkan sejarah kelautan dan perkapalan Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke. Beberapa koleksinya yang menarik adalah model perahu pinisi yang terkenal dari Sulawesi Selatan, serta model perahu Jawa kuno yang dibuat berdasarkan relief di Candi Borobudur. 

Alamat: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

5. Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat

via: travel.detik.com
Museum Sumpah Pemuda menempati bekas rumah milik Sie Kong Liong yang pernah disewa sebagai asrama pelajar. Di rumah ini lah, dibacakan Sumpah Pemuda pada Kongres Pemuda Tahun 1928. Museum ini menyimpan sejumlah koleksi yang berkaitan dengan peristiwa Sumpah Pemuda, termasuk berbagai foto, dokumen, diorama, serta biola yang digunakan WR Supratman untuk memainkan lagu Indonesia Raya.

Alamat: Jalan Kramat Raya No.106, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 

6. Museum PP IPTEK, Jakarta Timur

via: www.youtube.com

Museum Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini memiliki gaya futuristik, dan menyimpan banyak alat peraga yang berkaitan dengan sains seperti fisika, kimia, dan teknik. Semua alat peraga ini bisa kita coba langsung. 

Alamat: Jl. Raya TMII, Lubang Buaya, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

 7. Museum Satria Mandala, Jakarta Selatan

via: www.panoramio.com
Museum ini didedikasikan untuk sejarah angkatan bersenjata di Indonesia. Di halamannya banyak terpajang koleksi kendaraan tempur milik TNI, mulai dari tank hingga pesawat tempur dan kapal perang. Museum ini juga menyimpan sejumlah benda penting dari zaman kemerdekaan, seperti tandu milik Jenderal Sudirman.

Alamat: Jl. Jend. Gatot Subroto No.14, Daerah Khusus Ibukota Jakarta




You Might Also Like

0 komentar