Menatap Angkasa di Planetarium Jakarta

10:59:00 AM

Di metropolitan seperti Jakarta yang padat, penuh asap, dan polusi udara serta cahaya, rasanya hampir mustahil bagi kita untuk bisa mendapatkan pemandangan langit malam bertabur bintang. Tapi kalau kamu belum sanggup pergi keluar kota, jangan bersedih. Jakarta punya tempat khusus untuk para pengagum angkasa raya, yaitu Planetarium Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat.

via: http://www.thejakartapost.com/
 Gedung Planetarium Jakarta terdiri dari Teater Bintang dan Ruang Pameran. Teater Bintang adalah ruang pertunjukan utama, di mana kita bisa menyaksikan film simulasi langit yang penuh bintang. Suasana di ruangan ini selalu seru setiap kali pertunjukan akan dimulai, terutama jika banyak pengunjung anak kecil yang ramai. Kita akan duduk di kursi seperti bioskop. Bedanya, layarnya tidak berada di depan, melainkan di atas. Bentuk layarnya melengkung menyerupai bagian bawah kubah. Sebuah proyektor khusus di tengah ruangan kemudian akan memancarkan simulasi langit ke layar tersebut.


via: http://www.aplf-planetariums.info/
 Teater Bintang buka setiap Hari Selasa sampai Minggu, dan tutup pada Hari Senin serta libur nasional. Harga tiketnya sendiri sangat murah, hanya Rp 3.500 untuk anak-anak dan Rp 7.000 untuk orang dewasa untuk satu pertunjukan berdurasi sekitar 45 - 50 menit. Pembelian tiket dibagi ke dalam dua jenis, yaitu rombongan dan perorangan. Rombongan biasanya adalah kunjungan edukasi dari lembaga seperti sekolah, sedangkan perorangan adalah pengunjung umum. 

Jangan lupa perhatikan jadwal pemutarannya ya. Untuk rombongan, jadwalnya adalah pukul 09.30 | 11.00 | 13.30 untuk Hari Selasa - Kamis serta pukul 09.30 | 13.30 untuk Hari Jumat. Sedangkan untuk perorangan, jadwalnya adalah pukul 16.30 untuk Hari Selasa - Jumat, serta pukul 10.00 | 13.00 untuk Hari Sabtu dan Minggu. Tiket bisa dibeli 1 jam sebelum pertunjukan. Tapi kalau kamu berencana untuk berkunjung di akhir pekan, sebaiknya datang lebih pagi. Karena pengunjungnya sering membludak!

via: http://cikalnews.com/

Selain Teater Bintang, ada juga ruang pameran yang memamerkan berbagai pengetahuan mengenai astronomi dan teknologi antariksa. Di ruang pameran ini, kamu bisa belajar mengenai aneka konstelasi bintang hingga sejarah penjelajahan ruang angkasa. Pihak Planetarium juga rutin mengadakan pengamatan benda-benda angkasa, serta pengamatan khusus pada kejadian-kejadian tertentu seperti gerhana. Kalau kamu penggemar angkasa, pasti langsung jatuh hati dengan tempat ini. Jadi tunggu apalagi, ayo ke Planetarium! 

via: http://jakarta.panduanwisata.id/










    

You Might Also Like

0 komentar