Registan, Jantung Kuno Samarkand

11:12:00 AM

Pada masa lalu, Kota Samarkand di Uzbekistan merupakan salah satu titik terpenting dalam rangkaian jalur sutra yang membentang dari Cina hingga ke Eropa. Di kota ini lah para saudagar dari berbagai bangsa singgah untuk beristirahat maupun menggelar dagangannya dan saling bertukar cerita. Dinasti Timur yang berkuasa di Samarkand sekitar abad ke-15 membangun sebuah kawasan pusat kota yang megah di sana. Registan namanya.
via: bestourism.com

Registan berasal dari Bahasa Persia yang berarti tempat berpasir, atau gurun. Posisinya berada di pusat kota tua Samarkand dan berfungsi sebagai alun-alun. Pada masa kerajaan, Registan menjadi tempat untuk mengumumkan berita-berita maupun keputusan penting kerajaan kepada khalayak umum. Registan juga menjadi tempat dilaksanakannya hukuman mati sebagaimana fungsi alun-alun di berbagai belahan dunia kala itu.

via: http://arx.novosibdom.ru/

Luas dan tertata rapi, Registan diapit oleh tiga buah bangunan madrasah yang telah berusia ratusan tahun. Madrasah tertua di tempat ini adalah Madrasah Ulugh Beg yang dibangun pada abad ke-15. Madrasah ini terdiri dari sebuah masjid, ruang-ruang kelas, serta asrama tempat tinggal para siswa yang datang dari berbagai daerah, bahkan dari tempat-tempat yang jauh seperti Persia dan Cina.

via: http://www.traveladventures.org/

Pada abad ke-17, dua madrasah baru ditambahkan untuk meningkatkan kapasitas, yaitu Madrasah Sher Dor dan Madrasah Tilya Kori. Madrasah ini juga memiliki masjid dan asrama bagi para siswa yang belajar di sana. Karena sejarah dan ketinggian budayanya, kawasan Registan bersama Kota Tua Samarkand telah ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO.

via: http://www.visituzbekistan.travel/

You Might Also Like

0 komentar