Flat 06 Tendean: Hotel Generasi Millenial di Mampang


Kami menemukannya di sebuah jalan kecil yang tenang sekitar 800 meter dari degup Pasar Santa, salah satu pusat kebudayaan baru anak-anak muda Jakarta. Hanya beberapa langkah dari jalur layang Transjakarta yang melintasi Jalan Kapten Tendean, di kawasan yang padat dengan resto dan kafe yang menciptakan dunianya sendiri. Flat 06 Tendean adalah sebuah hotel yang merefleksikan pergantian era. Kami menyebutnya, hotel generasi millenial.


Citra baru yang segar tergambar dari eksterior hotel yang berlanggam kontemporer. Sekilas lebih mirip sebuah rumah atau working space tempat perkumpulnya pekerja muda kreatif. Melewati tangga dan pintu kaca, lobi resepsionisnya bagai ruang tamu mungil dengan segala furnitur dan dekorasi beraroma IKEA. Simple, chic, informal dan cozy. 


Meski suasana serba homy, faktor keamanan tetap menjadi prioritas. Selain satpam yang berjaga 24 jam, antara lobi dan kamar-kamar juga dibatasi oleh pintu berakses khusus, yang kode sandinya akan diberitahukan oleh resepsionis. Sehingga keamanan tamu lebih terjamin.

 
Menyusuri anak-anak tangga ke lantai atas, kami mulai menyadari bangunan Flat 06 Tendean mengaplikasikan sejumlah pakem green building. Mulai dari kaca-kaca besar yang memungkinkan masuknya cahaya matahari, lorong semi terbuka untuk sirkulasi udara alami, hingga pot-pot kecil berisi tanaman pembersih udara. Hasilnya adalah interior yang tidak hanya manis, tapi juga lebih sehat dan hemat energi.


Kamar-kamar di Flat 06 Tendean terbagi menjadi 4 tipe, yaitu Standard dengan luas 11 m2,  Superior dengan luas 20 m2, Deluxe dengan luas 25 - 26 m2, dan Premium dengan luas 27 m2. Semuanya berlantai kayu parkit dengan interior modern minimalis dan televisi LED 40 inch. Kamar Standard sangat cocok untuk solo traveler yang simple dan tak butuh banyak ruang. Sementara kami sendiri mencoba salah satu kamar terluasnya. Sebuah kamar Premium di lantai 3.  Kamar yang begitu bersih dan tertata rapi.



.
Khusus untuk kamar tipe Deluxe dan Premium, Anda akan mendapat fasilitas tambahan berupa pantry, lengkap dengan kompor listrik, kulkas kecil, dan meja makan. Cocok untuk Anda yang ingin menginap dalam jangka waktu lebih lama atau menghabiskan lebih banyak waktu di kamar.


Hotel Flat 06 Tendean memiliki total 5 lantai, mulai dari basement hingga lantai 4. Ruang favorit kami adalah rooftop yang terletak di lantai 3. Sebuah area duduk terbuka yang sangat nyaman untuk bersantai menghabiskan waktu. Terdapat beberapa jenis pilihan kursi, juga majalah dan buku-buku berbahasa Inggris. Asbak tersedia di meja untuk tamu yang ingin merokok, karena seluruh kamar berstatus non-smoking. 



Dari rooftop ini, pemandangan Jakarta dan deretan gedung bertingkatnya tampak jelas di seberang sana.


Sebuah ruang yoga tersedia di lantai 2, yang juga dapat difungsikan sebagai ruang pertemuan atau kegiatan lainnya. Pantauan kami, sebuah co-working space juga sedang dibangun di lantai teratas. Dengan semua fasilitas ini, di samping harga yang juga relatif terjangkau untuk anak muda, tak salah kan jika kami menyebutnya sebagai hotel generasi millenial?


Meski begitu, tamu-tamu di Flat 06 Tendean tidak hanya terbatas anak muda saja. Kami sempat berbincang dengan sejumlah tamu senior dari Eropa, yang memilih hotel ini karena menyukai suasananya. Hanya perlu diingat, tidak ada lift di sini. Jadi jika Anda tidak terlalu nyaman dengan tangga, sebaiknya minta lah kamar di lantai bawah.


Fasilitas juga disediakan untuk tamu Muslim yang ingin beribadah. Selain terdapat sajadah di dalam kamar, tersedia juga sebuah musala dengan desain yang menarik di lantai basement.


Restoran sekaligus coffee shop berada di lantai 1, menurut kami tidak kalah nyamannya dengan rooftop di lantai 3. Mungil dan cozy, dengan interior terang dan dua pilihan ruang: indoor serta outdoor.



Di resto ini lah kita menyantap sarapan, yang disajikan mulai pukul 7 pagi. Menu yang simple namun tetap lezat, dengan pilihan nasi goreng serta ayam kecap dan telur mata sapi, sereal dengan susu, roti dan selai, serta jus jeruk, infused water, kopi dan teh..  


Hotel Flat 06 Tendean
Jl. Bangka Raya No.2A, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telp: (021) 22707278
http://www.theflat06.com/

Hotel ini juga memiliki cabang lain di Jakarta Selatan, yaitu Flat 06 Cipete dan Flat 06 Sampit Residence.
Jika Anda tertarik menginap, dapat langsung memesan kamar di sini.  





Post a Comment

0 Comments