10 Karya Arsitektur Gaudi di Barcelona yang Harus Kamu Lihat

Antoni Gaudi adalah seorang arsitek Spanyol kenamaan dari Abad 19 yang karya-karya monumentalnya banyak menghiasi Kota Barcelona. Desain rancangannya yang bercorak modernis memiliki kesan mencolok dengan gaya berani yang menabrak pakem. Setiap sudutnya sangat memperhatikan detail, dengan paduan berbagai teknik kerajinan dan material seperti keramik, kaca warna, logam, dan kayu.
 
via: @verosinmapa

Jika kamu seorang penggemar arsitektur dan sedang berkunjung ke Barcelona, kamu tidak boleh melewatkan karya-karya Gaudi di kota ini. Simak 10 di antaranya berikut ini:

1. Casa Mila


Dikenal juga sebagai La Pedrera atau "tambang batu", bangunan yang didirikan pada awal Abad 20 ini tadinya merupakan kediaman pribadi. Bentuknya yang tidak lazim terbilang kontroversial pada masanya, dan kini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.


2. Sagrada Familia

 

Gereja Katolik ini merupakan salah satu landmark Barcelona yang paling terkenal. Mulai dibangun pada akhir Abad 19, sampai sekarang gereja ini masih belum selesai dibangun loh. Desainnya sangat unik karena memadukan unsur Gothic dengan gaya modernis khas Gaudi.


3. Casa Batllo


Salah satu bangunan yang juga dianggap sebagai materpiece Gaudi. Bangunan rumah yang terdiri dari beberapa lantai ini memiliki fasad yang nyaris seluruhnya dihias pecahan keramik, sementara struktur jendelanya dibuat oval dengan bentuk tidak simetris, serta material batu yang dibuat meliuk.


4. Park Guell


Berlokasi di Bukit Carmel, Park Guell adalah sebuah kompleks taman yang dihiasi sejumlah karya arsitektur Gaudi. Dengan luas lebih dari 17 hektar, ini adalah salah satu taman terluas di Barcelona. Pasti menyenangkan sekali menyusuri taman ini sambil mengagumi berbagai karya Gaudi.


5. Colonia Guell


Gereja ini termasuk dalam tujuh properti Gaudi di Barcelona dan sekitarnya yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Gereja yang dibangun di sisi perbukitan ini dilengkapi sebuah kapel dan ruang bawah tanah yang desainnya memesona.


6. Casa Vicens


Rumah antik bergaya Art Nouveau ini adalah salah satu banguna pertama yang dirancang Gaudi. Jika Sagrada Familia mengandung elemen Gothic, maka Casa Vicens ini diwarnai langgam Moorish dan Oriental dengan warna-warna cerah yang memanjakan mata.


7. Bellesguard


Rumah mewah ini dilengkapi sebuah menara ikonik yang mengingatkan kita pada desain Sagrada Familia. Orang-orang menyebutnya Torre Bellesguard. Dengan desain yang terinspirasi kastil abad pertengahan, bangunan ini memanfaatkan material batu dan bata serta hiasan kaca warna yang memukau.


8. Palau Guell


Sebuah mansion Abad 19 yang dirancang Gaudi untuk seorang konglomerat bernama Eusebi Guell. Mansion megah yang masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO ini memiliki dua gerbang utama sehingga kereta kuda bisa masuk sampai ke dalam mansion.


9. Colegio Teresiano de Barcelona


Gedung kampus agama ini adalah salah satu karya pertama Gaudi yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Desainnya didominasi oleh material batu bata, karena Gaudi harus membuat rancangan dengan biaya rendah. Namun keunikannya tetap memukau.


10. Casa Calvet


Mungkin inilah karya Gaudi yang paling sedikit menabrak pakem, karena harus menyesuaikan dengan bangunan sekitarnya yang merupakan lingkungan elit di Barcelona saat itu. Namun fasadnya tetap mencolok di antara bangunan lain, dengan balkon-balkonnya yang sebagian menjorok ke jalan.

Itu dia 10 karya arsitektur Gaudi yang bisa kamu sambangi saat berkunjung ke Barcelona. Selamat tur dan menikmati keunikan karya-karya Gaudi dari dekat!

Untuk memesan hotel di Barcelona, kamu bisa klik di sini.

Post a Comment

0 Comments