Jelajah Teh Hijau di Museum Teh Osulloc, Pulau Jeju

Kalau sedang liburan di Jeju, Korea Selatan, jangan lupa mampir ke ke Osulloc Tea Museum alias Museum Teh Osulloc yang terletak di Seogwipo City. Khususnya untuk kamu yang penggemar teh hijau. Di sini, kita bisa melihat proses pengolahan teh, sejarahnya, hingga mencicipi aneka olahan teh hijau mulai dari frappe dan es krim sampai cake yang lezat.

via: @iamtwenty3_

Museum Teh Osulloc (오설록티뮤지엄.) terletak tak jauh dari perkebunan teh Seokwang. Desainnya kontemporer dan elegan banget, sampai pernah terpilih dalam daftar 10 museum terbaik dunia loh oleh majalah arsitektur Designboom. Dari atas balkon dan dek panjang, kita bisa melihat indahnya hamparan kebun teh hijau yang tertata sangat rapi. Boleh juga loh turun langsung ke kebunnya untuk menikmati segarnya udara sekitar.

Sesuai fungsinya, Museum Teh Osulloc memamerkan sejarah tradisi minum teh di Korea dari masa ke masa. Kita bisa melihat koleksi cangkir dan poci teh dari era dinasti-dinasti kuno di Korea, seperti zaman Tiga Kerajaan dan era Joseon. Terdapat juga area yang memamerkan koleksi cangkir teh dari seluruh dunia, mulai dari China, Jepang, sampai Eropa.  

Kalau sudah puas melihat-lihat sejarah teh di museum ini, kita bisa melihat langsung proses pengeringan daun teh yang dilakukan tenaga profesional di museum. Daun-daun teh dari kebun yang masih segar langsung diproses di depan kita, dan bisa kita beli juga loh dengan harga terjangkau. Setelah itu, kita bisa membeli oleh-oleh di toko serta mencoba aneka jajanan berbasis teh yang dijual. Seperti es krim teh hijau, kue-kue dan roti dengan selai teh hijau, juga kue kering yang bisa kita jadikan oleh-oleh lucu.

Museum Teh Osulloc berjarak sekitar 1 jam berkendara dari Kota Jeju. Museum ini buka mulai dari jam 9 pagi sampai 6 sore. Dilarang membawa makanan dari luar ya ke dalam area museum.  

Siap liburan ke Jeju? Untuk memesan hotel dan penginapan di Jeju, langsung aja klik di sini.

Post a Comment

0 Comments