Menengok Derasnya Air Terjun Saringgana di Langkat, Sumatera Utara

Taman Nasional Gunung Leuser adalah harta karun alam yang tak ternilai harganya. Taman Nasional yang membentang di perbatasan Provinsi Sumatera Utara dan Aceh seluas hampir 8.000 kilometer persegi ini adalah rumah bagi banyak keajaiban alam serta flora dan fauna yang menakjubkan. Salah satunya yang bisa kita temui adalah Air Terjun Saringgana yang terdapat di sisi Sumatera Utara, tepatnya di Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabupaten Langkat.

via: @tiwiemaklang_adp93

Air Terjun Saringgana mengalir deras dengan ketinggian 60 meter dari tebing alam yang megah. Letaknya yang berada di tengah hutan membuat suara deras airnya menyatu dengan riuh alam dan aneka satwa di kejauhan. Debur dan titik-titik air yang memenuhi udara sekitarnya terasa sangat menyejukkan.

Dari Kota Medan, perjalanan menuju Air Terjun Saringgana memakan waktu sekitar 3 jam sampai ke pos. Lalu kita dikenakan biaya tiket Rp. 5 ribu dan biaya pemandu Rp. 45 ribu yang akan mengantar kita sampai ke lokasi air terjun. Namun berhati-hatilah, karena trek menuju air terjun cukup terjal dan sulit. Apalagi jika sedang musim hujan, karena jalanan menjadi penuh lumpur. Maka persiapkan fisik yang prima serta perbekalan yang cukup.

Walaupun perjalanan menuju Air Terjun Saringgana cukup melelahkan, namun semuanya terbayar begitu kita sampai di lokasinya. Keindahan air terjun di tengah taman nasional yang masih alami ini akan membuai kita dengan kesejukan udara dan deras suara airnya. Kalau beruntung, kita juga bisa melihat pelangi yang indah di air terjun ini.

Tertarik berlibur ke Langkat? Untuk memesan hotel dan penginapan, klik di sini

Post a Comment

0 Comments