Menyusuri Indahnya Kuil Meiji di Tokyo

Tokyo bukan cuma berisi gedung-gedung dan kereta cepat loh. Di ibukota Jepang yang terkenal padat penduduk ini, ada sebuah kuil Shinto megah yang dikelilingi hutan teduh seluas 70 hektar. Namanya Meiji Jingu, alias Kuil Meiji. Kalau kamu sedang berlibur ke Tokyo, kuil ini boleh banget jadi salah satu daftar kunjungan kamu.  

via: @marteaujb


Kuil Meiji adalah sebuah kuil agama Shinto yang didirikan khusus untuk persemayaman arwah Kaisar Meiji dan istrinya, Ratu Shoken yang berkuasa di Jepang pada akhir Abad ke-19. Arsitekturnya tradisional khas Jepang dengan nuansa kayu dan tembaga. Kuil terletak di tengah-tengah kawasan Shibuya yang sibuk di pusat kota Tokyo. Kalau naik kereta, kamu bisa turun di Stasiun Harajuku (kalau naik JR Yamanote Line) atau Stasiun Meiji-Jingumae (kalau naik Chiyoda Line). Dari sana, kamu bisa berjalan ke Yoyogi Park alias Taman Yoyogi, sebuah taman kota yang menempel langsung dengan Kuil Meiji. 


Begitu memasuki kawasan Kuil Meiji, kita akan disambut dengan sebuah gerbang torii besar dan pepohonan rindang di kanan kirinya. Karena suasananya yang sangat teduh, kawasan Kuil Meiji dan Taman Yoyogi ini sering jadi tempat rekreasi warga maupun para turis. Pohon-pohonnya akan berubah warna sesuai musim, sehingga memberikan suasana berbeda sepanjang tahun. Diperkirakan ada sekitar 120.000 ribu pohon loh di area ini. Spot-spot foto yang biasanya ramai adalah gerbang torii, pelataran dalam kuil, dan juga deretan gentong sake persembahan untuk para dewa. Kuil ini dibuka untuk umum setiap matahari terbit dan ditutup saat matahari terbenam. Dan masuknya gratis, tidak dipungut biaya!  

Ada banyak festival yang digelar di kuil ini sepanjang tahun, mulai dari upacara keagamaan sampai aneka pameran seperti tanaman bonsai dan festival anak. Kalau beruntung, kita juga bisa ikut menyaksikan upacara pernikahan khas Shinto di kuil ini. Jangan lupa juga untung kamu yang penggemar cosplay. Karena salah satu titik kumpul para cosplayer di Tokyo adalah Jingu Bashi (Jembatan Kuil) yang terletak persis di seberang Kuil Meiji. Kalau kamu datang di hari libur, maka kamu bisa melihat para cosplayer yang bergaya unik!

Ingin berlibur ke Tokyo? Jangan lupa pesan hotel di sini. 

Post a Comment

0 Comments