Naqsh-e Rustam, Makam para Raja Kuno Iran

Darius Agung adalah raja dari Dinasti Akhemeniyah yang memerintah Negeri Persia sekitar 2.500 tahun silam. Pada masa pemerintahannya, Kekaisaran Persia membentang hingga mencapai wilayah sejauh Yunani dan India. Bersama tiga raja lainnya, Darius Agung dimakamkan di sebuah kompleks pemakaman megah yang masih bisa kita saksikan sampai hari ini. Warga lokal Iran menyebutnya Naqsh-e Rustam. 

via: @nathalie_wanders

Terdapat empat makam yang terpahat megah di bukit karang yang mirip seperti situs Petra di Yordania. Tiap makam dihiasi dengan dekorasi relief yang menggambarkan kebesaran Persia dan keluasan wilayahnya, seperti relief yang menggambarkan para prajurit Persia yang terdiri dari 30 suku bangsa mulai dari Yunani dan Mesir hingga India dan Gandhara. Terdapat juga pahatan prasasti berhuruf paku yang membuka tabir pengetahuan tentang Persia di masa lalu.  

Selain empat makam yang terukir di tebing, objek lain yang banyak menarik pehatian pengunjung adalah relief Raja Shapur dari Dinasti Sassaniyah yang terpahat di bagian bawah makam. Relief ini menggambarkan penaklukan sang Raja Persia atas dua Kaisar Romawi, yaitu Valerian dan Philip. Ukurannya yang besar dan megah menunjukkan kehalusan seni pahat Persia ribuan tahun silam. 

Tak jauh dari makam-makam ini, terdapat juga sebuah bangunan  misterius yang kerap disebut Ka'ba-ye Zartosht atau Ka'bah Zoroaster, karena bentuknya berupa kubus yang mirip Ka'bah di Mekkah. Para peneliti menduga bahwa bangunan ini mungkin adalah kuil api atau sebuah makam tak dikenal. Pada bangunan ini terukir sejumlah prasasti penting yang mengungkap pengetahuan tentang era Dinasti Sassaniyah.

Naqsh-e Rustam hanya berjarak sekitar 12 kilometer dari kota kuno Persepolis di provinsi Fars. Cocok sekali untuk masuk dalam rute tur sejarah kuno di Iran. Lokasi situs ini sekitar 1 jam berkendara dari Kota Shiraz, atau 850 kilometer dari Ibukota Teheran. Tiket masuknya seharga 50 ribu Toman atau sekitar Rp. 200 ribu.  

Post a Comment

0 Comments