Pesona Kuil Putih yang Memukau di Chiang Rai

Thailand terkenal akan kuil-kuil Buddha yang megah dengan arsitektur tradisional yang kental. Namun di Provinsi Chiang Rai, terdapat sebuah kuil yang berbeda dari kebanyakan kuil lainnya. Namanya Wat Rong Khun. Banyak orang menyebutnya Kuil Putih alias White Temple karena seluruh bangunannya berwarna putih.

via: @andoreia

Bangunan asli dari Wat Rong Khun sebenarnya sudah tua dan rapuh. Tapi kemudian seorang seniman lokal bernama Chalermchai Kositpipat memutuskan untuk memugarnya dengan sentuhan seni. Maka Wat Rong Khun kini menjelma menjadi sebuah galeri seni yang sekaligus bernilai spiritual dengan mengusung pesan-pesan Buddhis. 


Setiap ekspresi seni yang tertuang di kuil ini punya makna tersendiri. Misalnya tangan-tangan yang menjulur keluar dari bawah jembatan menuju bangunan utama kuil adalah lambang dari keinginan manusia. Ajaran Buddhis meyakini bahwa keinginan dan keserakahan merupakan sumber penderitaan, sehingga jalan menuju kebahagiaan adalah dengan meninggalkan keinginan duniawi. 


Selain kompleks kuil putih, Wat Rong Khun juga memiliki kompleks kuil lain tepat di sebelahnya yang seluruhnya berwarna keemasan. Warna emas ini melambangkan alam jasmani dan keindahan rupa yang banyak dikejar manusia. Berbeda dengan warna putih yang melambangkan alam spiritual dan kesadaran batin yang lebih tinggi.


Wat Rong Khun berjarak sekitar 13 kilometer dari pusat kota Mueang Chiang Rai. Kamu bisa naik bus atau taksi untuk mencapai tempat ini. Pengunjung lokal tidak dipungut biaya, tapi turis asing dikenakan biaya 100 baht. Mereka juga menerima donasi loh, karena kuil ini masih belum selesai dibangun. Konon diperkirakan, kuil ini baru akan selesai dibangun pada 2070!

Post a Comment

0 Comments