Yuk, Main ke 10 Air Terjun di Bogor yang Segar Banget!

Bogor memang menjadi salah satu wilayah yang dituju untuk orang-orang yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur melepas penat. Selain jaraknya yang tidak begitu jauh, udara segar serta beragam destinasi wisata di kota hujan ini menjadi daya tarik yang sulit untuk ditolak.

via: @jelajahi.sentul

Salah satu keindahan alam yang ada di Bogor tak lain adalah air terjun alias curug. Ya, sebagai daerah pegunungan, kabupaten di Jawa Barat ini punya banyak sekali air terjun yang jadi incaran para wisatawan lokal karena kesegarannya. Nah, mari kita lihat 10 air terjun di Bogor yang keren ini yuk!

1. Curug Cilember


Curug satu ini bisa dibilang sebagai salah satu air terjun paling terkenal di Bogor. Lokasinya cukup strategis dan tidak begitu sulit dicapai, yakni di Jl. Raya Puncak, Cilember, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor.


Daya tarik air terjun ini tak lain adalah tujuh tingkatan air terjunnya. Tentu, setiap tingkatnya punya keindahannya tersendiri. Kalau kamu ingin ke Curuh Cilember, kamu cukup membayar Rp12 ribu untuk biaya perawatan dan kebersihan.



2. Curug Cigamea


Curug Cigamea tak kalah populer dari Curug Cilember. Memang, air terjun yang terletak di Jl. Curug Cigamea, Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor ini tidak punya air terjun bertingkat. Tapi, Curug Cigamea punya kolam besar tepat di bawah jatuhnya air yang membuat pengunjung bisa berenang dan bermain dengan leluasa.


Lokasi air terjun ini pun dapat diakses dengan mudah. Tak heran jika Curug Cigamea ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya di akhir pekan. Biaya untuk berkunjung ke sini pun sangat ramah di kantong, yaitu sekitar Rp10 ribu saja.



3. Curug Ngumpet


Sesuai dengan namanya, lokasi Curug Ngumpet memang terbilang cukup sulit diakses. Air terjun satu ini berada di tempat tersembunyi di antara tebing-tebing tinggi. Menariknya lagi, air terjun yang berlokasi di Gunung Picung, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor ini berada di dalam kawasan hutan lindung.


Lalu, apa yang membuat Curug Ngumpet istimewa? Soalnya, airnya sangat jernih ditambah dengan udara sejuk khas hutan lindung pastinya membuat perjuangan menuju lokasi menjadi terbayar lunas. Bahkan, kita bisa bermalam di lokasi air terjun dengan beragam fasilitas yang ditawarkan pengelola Curug Ngumpet. Seru banget lihat dan dengar suara air terjun di malam hari, ya!



4. Curug Pasir Reungit


Buat kamu yang mau main ke air terjun tanpa perlu effort, Curug pasir Reungit bisa jadi pilihan yang pas. Soalnya, air terjun yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor ini bisa dicapai hanya dalam 10 menit dari tempat parkir kendaraan.


Menariknya, di air terjun ini banyak spot yang bagus untuk berfoto. Bisa dilihat di hashtag Instagram, cukup banyak orang yang posting sedang berfoto di lokasi ini. Biaya yang perlu kamu keluarkan terbilang ramah di kantong, kok, hanya Rp10 ribu untuk ke air terjun, Rp 5 ribu untuk parkir motor, dan Rp10 ribu untuk parkir mobil.



5. Curug Leuwi Lieuk


Bisa dibilang, lokasi air terjun ini cukup dekat dari Jakarta. Yap, Curug Leuwi Lieuk berlokasi Kampung Cibereum, Jl. Gunungwangun No.rt 04, RW.05, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, yakni masih berada di kawasan Sentul. Meski mudah dijangkau, soal pemandangan, gak perlu diragukan lagi keindahannya.


Air terjun satu ini berada di antara tebing-tebing dengan bentuk aliran seperti sungai. Airnya sangat jernih, jadi makin lengkap kepuasannya saat berkunjung ke tempat ini. Untuk menikmati pemandangan indah dan air jernihnya, kita cukup membayar Rp25 ribu saja, lho!



6. Curug Cikuluwung


Melihat air terjun sambil main air di antara tebing dengan formasi bebatuan besar? Curug Cikuluwung tempatnya! Air terjun satu ini terbilang hits karena cukup sering disambangi oleh muda-mudi.


Karena memiliki tingkat kedalaman air yang berbeda, pihak pengelola Curug Cikuluwung menawarkan penyewaan ban untuk bermain air di tempat yang dalam. Kalau lapar, di sekitar lokasi ini cukup banyak terdapat warung makan untuk mengisi perut. Tiketnya? Tenang, hanya Rp 30 ribu aja, kok!



7. Curug Seribu


Curug Seribu punya air terjun yang cukup tinggi. Hal ini membuat sekitaran air terjun ini terlihat seperti berkabut, padahal itu adalah pecahan air yang jatuh dari atas. Airnya yang jernih, udaranya yang sejuk, serta pemandangannya yang asri membuat siapa saja betah berlama-lama di tempat ini.


Alasan mengapa air terjun ini cukup ramai dikunjungi adalah lokasinya yang tak begitu jauh dari pusat kota dan akses jalan menuju air terjun tidak terlalu berat. Tertarik berkunjung ke air terjun satu ini? Alamatnya di Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kabupaten Bogor, harga tiketnya hanya sekitar Rp20 ribu, kok!



8. Curug Love


Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki keunikan di aliran air terjunnya. Ya, air yang jatuh terbelah dan kembali menyatu di bagian bawah seperti bentuk hati atau love. Hal inilah yang membuat air terjun yang berlokasi di Bantar Karet, Kec. Nanggung, Kabupaten Bogor ini jadi istimewa.


Tak hanya itu, kolam di bawah air terjun ini pun tidaklah dalam, jadi kita bisa bermain air tanpa perlu takut tenggelam. Berminat untuk menyambangi Curug Love? Hanya dengan Rp10 ribu, semua keindahan di air terjun ini bisa dinikmati.



9. Curug Putri Kencana


Air terjun ini menawarkan paket lengkap, yakni air terjun, kolam, serta pemandangan yang sangat sedap dipandang. Tak sedikit orang yang datang ke sini hanya untuk duduk melihat air mengalir jatuh dari atas ke arah kolam serta pepohanan dan pemandangan di sekitar yang asri tanpa perlu basah-basahan bermain air.


Nah, bagi yang suka main air, air terjun ini punya “wahana”, yaitu jembatan bambu yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melompat ke kolam. Jadi makin seru main airnya, kan? Tiket air terjun yang berlokasi di Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini hanya Rp15 ribu, kok!



10. Curug Luhur


Jika kamu ingin pergi bersama keluarga khususnya anak-anak, Curug Luhur bisa jadi pilihan yang tepat. Kenapa? Soalnya, air terjun satu ini punya fasilitas yang lengkap layaknya kolam renang. Jadi, anak-anak tetap dapat bermain air tanpa harus berada di kolam tempat jatuhnya air terjun yang umumnya cukup dalam.


Nah, bagi yang dewasa, berenang di kolam sambil melihat indahnya air jatuh dari ketinggian 62 meter tentu sangat menyenangkan, bukan? Jangan heran jika harga tiket masuk air terjun ini lebih mahal dari air terjun di Bogor pada umumnya, yaitu sekitar Rp40 ribu. Tertarik bawa keluarga dan anak-anak ke Curug Luhur? Langsung datang saja ke Desa Gunung Malang, Tenjolaya, Kabupaten Bogor.



Itu 10 air terjun di Bogor yang kami rekomendasikan untuk kamu. Nah, gimana? Udah pilih air terjun atau curug mana yang mau kamu datangi saat akhir pekan?

Untuk kamu yang ingin berlibur dan mencari hotel di Bogor, langsung aja klik di sini.

Kontributor: Luqman Hidayat

Post a Comment

0 Comments