10 Air Terjun di Semarang dan Sekitarnya yang Penuh Pesona

Selain menawarkan wisata kekinian dan kuliner yang menggoda, Semarang juga punya banyak wisata alam loh! Salah satunya air terjun alias curug. Ada banyak air terjun di Semarang dan sekitarnya yang bakal membuat kita terkagum-kagum akan keindahan dan keasriannya.

via: @the_bhagas

Tak perlu berlama-lama, yuk, kita lihat 10 curug di Semarang dan sekitarnya yang cantik dan pas banget buat dikunjungi oleh kamu para pecinta air dan alam!

1. Curug Lawe Benowo Kalisidi


Air terjun satu ini bisa dibilang merupakan air terjun paling terkenal di Semarang. Hal ini tak lepas dari mudahnya akses ke lokasi dan jaraknya yang tak jauh dari pusat kota Semarang, hanya sekitar 12 km saja. Dari batas akhir jalur mobil menuju lokasi air terjun hanya 30 menit saja dengan berjalan kaki. Jalurnya tidaklah sulit untuk dilalui. 


Sesampainya di lokasi air terjun, kita akan dipuaskan dengan keindahan dan keasrian air terjun beserta bentangan alam di sekitarnya. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena ada banyak banget spot berfoto yang bikin teman-temanmu “iri” kalau melihatnya, deh!


Alamat: Desa Kalisidi, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-14.00
Harga tiket: Rp8 ribu


2. Curug Tujuh Bidadari


Nama ini disematkan ke air terjun satu ini karena menurut warga sekitar, dulunya ada tujuh bidadari yang bermain air dan mandi di sini. Tapi, tanpa cerita tersebut, air terjun ini memang punya daya tarik yang kuat dari sisi keindahan bentangan alamnya.


Airnya yang jernih, udara yang sejuk, dan pemandangan hijau menjadi paket lengkap yang bakal membuat siapa saja betah berlama-lama di lokasi Curug 7 Bidadari ini. Jaraknya dari pusat kota pun tidak begitu jauh, hanya sekitar 20 menit menggunakan motor dan mobil, lalu berjalan sekitar 300 meter dari tempat parkir.


Alamat: Desa Keseneng, Kec. Sumowono, Semarang, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-15.00
Harga tiket: Rp10 ribu


3. Air Terjun Semirang


Ini air terjun yang sedang hits karena terdapat kafe dan kolam renang yang instagrammable di bagian bawahnya. Dari pusat kota Semarang, lokasi Curug Semirang berjarak 30 menit. Tapi, dari parkiran mobil hingga menuju air terjun, kita perlu berjalan dan menanjak kurang lebih 1,5 km.


Capek? Pasti! Tapi, semua kelelahanmu akan terbayar saat melihat indahnya air terjun setinggi 45 meter dan panorama hijau di sekelilingnya. Karena lokasinya berada di hutan lindung, alhasil alam di sekitar Curug Semirang pun masih sangat asli. Keren, kan?


Alamat: Gogik, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00
Harga tiket: Rp10 ribu


4. Air Terjun Kalipancur


Air terjun Kalipancur merupakan air terjun tertinggi di Semarang yang terletak di Lereng Gunung Telomoyo. Jarak dari tempat mengalir air hingga kolam di bawahnya sekitar 60 meter. Tinggi banget, kan? Sebelum melihat dan menikmati air terjun satu ini, kita perlu menempuh perjalanan yang cukup seru.


Melewati hutan dan pedesaan serta ditemani udara sejuk sekitar kurang lebih 1 km akan membuat perjalanan tidak akan terasa jauh dan melelahkan. Di tengah perjalanan, jika kamu lapar, terdapat banyak warung-warung jajanan dan makanan, kok. Pas sudah sampai, mata seakan enggan berkedip melihat bentangan alam di sekitar Air Terjun Kalipancur ini. Indah banget!


Alamat: Nogosaren, Kec. Getasan, Semarang, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00
Harga tiket: Rp5 ribu


5. Curug Klenting Kuning


Ada alasan kenapa air terjun ini dinamakan Klenting Kuning. Karena memang tembok tempat jatuhnya air terjun ini berwarna kuning, berbeda dengan air terjun pada umumnya yang ditumbuhi lumut berwarna hijau. 


Nama Klenting Kuning sendiri berasal dari legenda Dewi Sekartaji dan Pangeran Ande-Ande Lumut. Air terjun satu ini terbilang rendah, tapi fasilitasnya yang cukup lengkap seperti mushola, gasebo, toilet, dan warung membuat pengunjung tidak akan kesulitan sama sekali.


Alamat: Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang
Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00
Harga tiket: Rp5 ribu

6. Air Terjun Tirto Wening


Air terjun satu ini berada di dataran yang cukup tinggi. Tak heran jika air dan udaranya sangat sejuk. Sepanjang jalan menuju Curug Tirto Wening, kita akan disuguhi pemandangan sawah ladang dan pepohonan hijau yang sejuk.


Sesampainya di air terjun, kamu pasti ingin cepat-cepat bermain air. Curug Tirto Wening ini sudah dibendung di bagian bawahnya sehingga membentuk kolam dan aliran sungai yang gemericiknya segar banget. Kedalaman kolamnya hanya 1,5 meter, jadi cocok untuk berenang. Tak hanya itu, ada banyak spot berfoto yang menarik yang ada di lokasi ini. Jepret-jepret, posting ke Instagram, deh!


Alamat: Munding, Kec. Bergas, Semarang, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket: Rp5 ribu

7. Air Terjun Nglimut


Mau nikmatin air terjun sambil naik gunung? Kunjungi saja air terjun Nglimut! Yap, air terjun ini terletak hampir di puncak Gunung Ungaran dan sudah masuk wilayah Kendal. Pada waktu-waktu tertentu, kabut akan menyelimuti kawasan Air Terjun Nglimut. Kebayang kan, gimana sejuknya udara dan dinginnya air terjun ini?


Untuk mencapai lokasi, kita perlu berjalan dan menanjak kurang lebih 3 kilometer. Sepanjang perjalanan, kita akan melihat beragam panorama, seperti bumi perkemahan, hutan, air terjun kembar hingga sisa reruntuhan candi. Sesampainya di lokasi, kamu akan terkagum dengan keindahannya. Eits, tak hanya air terjun, di lokasi ini juga terdapat pemandian air panas, lho!


Alamat: Nglimut, Gonoharjo, Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket: Mulai dari Rp8 ribu

8. Curug Terong


Dari namanya, tentu kita pasti berpikir bahwa bentuk air terjun ini seperti sayur terung atau terong. Yap, Tembok tempat terjunan air ini berbentuk melengkung yang terlihat seperti terung. Letaknya di kaki Gunung Prau yang sejuk dan juga sudah termasuk wilayah Kendal.


Air terjun satu ini terbilang jarang dikunjungi orang karena aksesnya yang menantang. Kita perlu berjalan selama kurang lebih dua jam untuk sampai ke Curug Terong. Tapi, letihnya perjalanan akan terbayar tuntas dengan keasrian lokasinya, sejuknya udara, serta dingin dan bersihnya air terjun ini.


Alamat: Desa Genting Gunung, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah
Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket: Rp7 ribu

9. Curug Gending Asmoro


Jika biasanya air terjun terletak di tengah hutan atau kaki gunung, lain halnya dengan Curug Gending Asmoro. Air terjun satu ini terletak di hutan bambu. Menariknya, terdapat jembatan bambu yang dibuat di sekitar air terjun. Cocok banget untuk dijadikan tempat berfoto!


Airnya yang bersih serta pemandangan sekitar yang banyak dikelilingi pohon bambu membuat nuansa di air terjun satu ini punya keunikannya tersendiri. Tapi, hati-hati saat ingin bermain air, ya! Karena banyak bebatuan besar di kolam airnya.


Alamat: Kalongan, Kec. Ungaran Timur, Semarang
Jam Operasional: Setiap hari, 07.00-16.00
Harga tiket: Rp8 ribu

10. Air Terjun Umbul Songo


Bisa dibilang, air terjun satu ini cukup jauh dari kota Semarang, jaraknya sekitar 54 km. Tapi, keindahan dan keasriannya tentu berbanding lurus dengan jaraknya. Menariknya, air terjun Umbul Songo ini diapit oleh tiga gunung sekaligus, yakni Telomoyo, Andong, dan Merbabu.


Saat sampai di Desa Kopeng, kita perlu berjalan kurang lebih setengah jam untuk sampai di air terjun. Jika malas berjalan, tenang saja, ada penyewaan kuda yang bisa mengantar kita tepat di depan air terjun, biayanya juga terjangkau, sekitar Rp20 ribu.


Alamat: Desa Kopeng, Kec. Getasan, Semarang
Jam Operasional: 07.00-17.00
Harga tiket: Rp8 ribu

Nah, itulah rekomendasi 10 air terjun di Semarang dan sekitarnya yang cantik dan segar. Mana yang jadi favorit untuk kamu kunjungi? 

Jika ingin liburan ke Semarang, kamu bisa pesan hotel di sini, ya!

Kontributor: Luqman Hidayat

Post a Comment

0 Comments