Telaga Sarangan, Permata Hijau Magetan di Lereng Lawu

 Kabupaten Magetan di Jawa Timur punya wisata andalan yang sudah terkenal karena kesejukannya, yaitu Telaga Sarangan. Telaga seluas 30 hektar ini membentang teduh di lereng Gunung Lawu yang menghijau. Pada waktu-waktu tertentu, kabut tebal akan turun menyelimuti telaga. Sementara pada waktu lain, cuaca cerah dan langit biru akan menyapa kita.

via: @ikongrawkz

Telaga Sarangan tepatnya berlokasi di Kecamatan Plaosan, sekitar 16 kilometer ke arah barat dari Kota Magetan. Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan di sini, seperti berkuda menyusuri tepi telaga, menyewa perahu boat, ataupun menaiki becak air. Kalau lapar, aneka kuliner juga tersedia di warung-warung makan yang berjajar di sepanjang tepi telaga. 

Penduduk setempat juga menyebut Telaga Sarangan sebagai Telaga Pasir. Nama ini berasal dari legenda yang menceritakan sepasang suami istri bernama Kyai Pasir dan Nyai Pasir yang mendiami area ini di masa lalu. Konon mereka berubah menjadi sepasang naga raksasa yang membuat terbentuknya Telaga Sarangan, dan masih mendiaminya sampai sekarang. 

Kalau kamu datang ke Telaga Sarangan pada Jumat Pon di Bulan Ruwah, kamu bisa menyaksikan upacara labuh sesaji yang digelar di sini. Lokasi tepi Telaga Sarangan juga sering menjadi tempat pesta kembang api pada malam pergantian tahun. Jangan lupa juga untuk membeli aneka oleh-oleh yang banyak dijual di sini. 


Tertarik berlibur ke Magetan? Untuk memesan hotel dan penginapan di Magetan, klik di sini.

Post a Comment

0 Comments