9 Pilihan Kuliner di Kota Tua, Jakarta Barat [Plus Rekomendasi Staycation!]

Kota Tua Jakarta menyimpan pesona masa lalu yang menjadi daya tarik tersendiri. Bangunan-bangunan tua dari masa kolonial menjadi saksi sejarah ratusan tahun kota ini melintasi banyak zaman.   

cynthia_tj, yennyrafica, nda.hiedaanwar/ Instagram

Wisata ke Kota Tua Jakarta, rasanya kurang lengkap kalau ngga sekalian explore kuliner di kawasan ini. Yuk simak ada kuliner menarik apa aja di Kota Tua Jakarta.  


1. Soto Tangkar Aneka Sari Pak H. Diding

Ini soto tangkar yang terkenal banget di kawasan Kota Tua. Tempatnya kecil dan agak masuk gitu, tapi worth it deh. Kuahnya sotonya tuh bener-bener strong dan kental, cocok buat kamu penggemar menu khas Betawi yang satu ini. Kamu bisa pilih varian daging aja, atau daging campur jeroan. Ada sate kuahnya juga di sini, yaitu sate daging yang direndam kuah. 

Alamat: Jl. Pasar Pagi Lama Los Blok T28 B & C, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 07:00 - 16:30
Range harga: di bawah Rp. 50 ribu/ orang


2. Kedai Seni Djakarte


Kedai bergaya vintage ini cuma berjarak 20 meteran aja dari Alun-Alun Kota Tua. Kalau kamu jalan dari arah Museum Bank Mandiri, pasti lewatin kedai ini. Suasananya tuh cozy banget, ada pilihan kursi outdoor, indoor, dan lantai 2. Menunya variatif, mulai dari nasi goreng, sate ayam, iga bakar, sop buntut, sampai bakmi godog dan mie siram. Semuanya terjangkau dan enak-enak.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 17, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 21:00
Range harga: di bawah Rp. 50 - 75 ribu/ orang


3. Sunyi Coffee


Selanjutnya ada coffee shop yang memiliki karyawan khusus dari kalangan teman-teman disabilitas, seperti tuna rungu, tuna netra, dan sebagainya. Para barista di sini akan melayani kamu dengan bahasa isyarat atau tulisan loh! Mereka menyediakan aneka kopi dan latte yang enak-enak loh. Suasana tempatnya juga sesuai namanya, sunyi dan tenteram.   

Alamat: Jl. Kali Besar Timur 4 No.37, Roa Malaka, Taman Sari, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 17:00 (Selasa - Minggu)
Range harga: di bawah Rp. 50 ribu/ orang


4. Cafe Batavia


Rasakan pengalaman mencicipi kuliner klasik dalam nuansa sejarah era kolonial yang kental. Cafe Batavia terletak strategis di seberang Museum Fatahillah. Suasana dan dekorasinya bener-bener ditata ala Belanda tempo dulu, lengkap dengan foto-foto jadul di dinding. Walaupun harganya tergolong mahal, tapi sepadan dengan pengalaman yang kita dapatkan. 

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 14, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 07:00 - 20:00 
Range harga: Rp. 100 - 200 ribu/ orang


5. Historia Food & Bar


Masih di sekitar Museum Fatahillah, Historia Food & Bar juga mengusung konsep nostalgia sejarah yang cantik. Mulai dari furnitur sampai barang-barang pajangannya semua terkesan antik. Menu yang mereka tawarkan juga banyak pilihannya, mulai dari karedok dan ayam bakar sampai soto betawi dan bandeng goreng rica. 
 
Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 11, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 21:00
Range harga: Rp. 50 - 100 ribu/ orang


6. Batavia Market


Resto yang satu ini berada di dalam gedung Kantor Pos dari zaman Belanda yang klasik banget. Karena namanya market, banyak yang awalnya salah ngira ini tuh kayak pasar gitu, padahal resto. Menu yang mereka tawarkan beragam mulai dari menu Indonesia seperti nasi goreng, soto ayam, dan bebek sambel ijo, sampai menu menu Western seperti sosis dan french fries.      

Alamat: Gedung Kantor Pos, Lantai 2, Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 22:00
Range harga: Rp. 50 - 100 ribu/ orang


7. Warung Umak


Ini tempat yang cozy buat ngopi cantik di Kota Tua. Letaknya agak lebih dekat ke Museum Bank Indonesia. Penggemar kopi wajib banget sih mampir, karena mereka punya macam-macam biji kopi pilihan dari robusta sampai Arabica. Selain kopi, kita juga bisa mengisi perut dengan aneka menu seperti roti bakar, nasi ayam, serta indomie telor. 

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No. 6-8, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 22:00
Range harga: di bawah Rp. 50 ribu/ orang


8. Acaraki


Nah, ini buat kamu yang pengen minum jamu dengan gaya kekinian. Sumpah konsepnya keren banget sih untuk kedai jamu, karena ditata modern dengan dekorasi vintage dan meja bar gitu. Kamu bisa pilih beras kencur dan kunyit asam. Cara penyajiannya juga estetik banget pakai wadah cantik, bisa pilih yang sudah disaring, tubruk, atau pekat ala-ala espresso. Selain itu, menu-menu makanannya juga enak deh, mulai dari nasi bakar sampai rawon dan mendoan.

Alamat: Gedung Kerta Niaga 3, Jl. Kali Besar Timur, Kota, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 22:00
Range harga: Rp. 50 - 100 ribu/ orang


9. Raja Kuring (My King Seafood)


Restoran klasik ini terkenal dengan pilihan menu seafood dan Chinese food yang melimpah. Beberapa sih bilang menunya lebih ke selera orang tua jaman dulu ya, tapi jaman dulu yang enak-enak gitu. Ada udang saus nanas, sup jagung kepiting, lobster lada hitam, pocai telur, sampai abalone utuh.  Suasananya khas bangunan lama di Kota Tua, dengan space yang besar dan sering dipakai untuk pernikahan juga. Harganya terbilang di atas rata-rata, tapi semua bahannya segar dan berkualitas.

Alamat: Jl. Kakap No.5, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 11:00 - 14:00; 17:00 - 22:00
Range harga: di atas Rp. 150 ribu/ orang



Bonus: rekomendasi hotel untuk staycation di Kota Tua Jakarta!

Biar lebih puas explore Kota Tua, mending sekalian staycation yuk! Simak ya daftar hotel pilihan berikut ini yang lokasinya dekat banget dari Kota Tua:


1. Mercure Jakarta Batavia


Hotel bintang 4 yang mewah ini berlokasi persis di tepi Kali Besar. Cuma 500 meter aja ke Museum Fatahillah. 

Harga: mulai dari Rp. 710 ribuan per malam

Tertarik menginap di Mercure Jakarta BataviaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


2. Bobobox Pods Kota Tua

Buat kamu packpacker yang lebih nyaman dengan hotel kapsul, bisa coba Bobobox Pods nih. Desainnya stylish, bersih, dan harga terjangkau banget!

Harga: mulai dari Rp. 120 ribuan per malam

Tertarik menginap di Bobobox Pods Kota TuaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


3. Wonderloft Hostel Jakarta


Desainnya kekinian, pas banget buat anak muda yang lagi liburan. Kamu bisa pilih tipe asrama dengan ranjang susun, atau kamar pribadi dengan kamar mandi dalam.

Harga: mulai dari Rp. 230 ribuan per malam

Tertarik menginap di Wonderloft Hostel JakartaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


4. Novotel Jakarta Gajah Mada


Lokasinya di Glodok, sekitar 1,4 kilometer dari Kota Tua. Tapi rutenya gampang banget tinggal lurus aja di Jalan Gajah Mada, dan hotel bintang 4 ini termasuk favorit para traveler loh di kawasan ini.

Harga: mulai dari Rp. 640 ribuan per malam

Tertarik menginap di Novotel Jakarta Gajah MadaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya

Post a Comment

0 Comments