Nyalakan Imajinasi - 10 Museum Anime Fantastis di Jepang

Anime bisa dibilang merupakan ekspor budaya terbesar Jepang. Mulai dari Doraemon dan Sailor Moon sampai Naruto dan One Piece, karakter anime telah menyapu dunia dengan gegap gempitanya dan menciptakan basis fandom global yang luar biasa kuat.

FranckinJapan/ Pixabay

Apakah kamu juga penggemar anime? Kita punya kabar baik nih! Sebagai tempat kelahiran anime, Jepang punya beberapa museum anime paling seru yang bisa kamu kunjungi. Simak daftarnya di bawah ini ya!



1. Ghibli Museum


Terletak di Taman Inokashira yang terkenal di Mitaka, pinggiran kota Tokyo, Museum Ghibli menampilkan aneka karakter dan set terkenal dari Studio Ghibli dan Hayao Miyazaki. Temui Totoro dan pameran terkait lainnya termasuk si lucu Catbus, berbagai mainan, sketsa, dan bahkan kafe yang menjual kue dan minuman bertema Ghibli.


2. Fujiko F. Fujio Museum


Dikenal juga sebagai Museum Doraemon, tempat yang penuh dekorasi menggemaskan ini terletak di Kawasaki. Museum Fujiko F. Fujio menampilkan model ukuran asli dari karakter Doraemon, miniatur rumah Nobita, dan juga karakter film lain yang dikembangkan oleh Fujiko seperti P-Man. Jangan lupa, kamu juga bisa mencoba dorayaki dan hidangan bertema Doraemon lainnya di kafe mereka.
 

3. Toei Animation Gallery


Jika kamu penggemar Dragon Ball, Sailor Moon, atau One Piece, jangan lewatkan tempat ini. Toei Animation adalah perusahaan terkemuka di balik beragam serial anime legendaris ini, dan kita dapat melihat sejarah mereka di galerinya yang terletak di Nerima. Harap diperhatikan ya bahwa teks informasi mereka sebagian besar hanya dalam bahasa Jepang.


4. Sanrio Puroland


Tempat ini sebenarnya adalah taman hiburan yang dipenuhi oleh bermacam karakter lucu dari Sanrio seperti Hello Kitty, Cinamoroll, Gudetama, My Melody, dan Keroppi. Terletak di Tama New Town, taman hiburan indoor ini memiliki aneka wahana, pertunjukan musical live show, toko suvenir, dan juga kafe bertema Sanrio.

5. Tokyo Pokemon Center


Setidaknya ada 14 Pokemon Center di Jepang, 5 di antaranya berlokasi di Tokyo. Pokemon Center ini terletak di Nihonbashi Takashimaya, Ikebukuro Sunshine City, Tokyo Sky Tree Town Solamachi, Shibuya PARCO, dan ada juga Toko Pokemon di Stasiun Tokyo. Mulai dari Pikachu sampai Snorlax, lengkap deh pokoknya. Ayo tangkap semuanya!
 
6. Osamu Tezuka Manga Museum


Temui karakter legendaris yang diciptakan oleh Osamu Tezuka seperti Astro Boy dan Kimba the White Lion, yang membuka jalan bagi kesuksesan global anime Jepang. Terletak di kota Takarazuka tempat Osamu menghabiskan masa kecilnya, museum ini didedikasikan untuk karya dan warisan Osamu.

7. Gundam Front


Begitu sampai di depan Diver City Tokyo di Odaiba, kamu akan disambut patung Robot Gundam raksasa seukuran asli dalam filmnya. Kemudian kamu bisa langsung menuju lantai tujuh untuk menjelajahi dunia robot raksasa di Gundam Front. Pameran permanen ini dibagi menjadi lima zona berbeda, masing-masing dengan pengalaman unik yang dirancang khusus untuk para penggemar Gundam.
 
8. Conan Town


Apa kamu suka serial Detective Conan? Boleh banget nih jalan-jalan ke Tottori untuk mengunjungi kota bertema Detektif Conan di Hokuei. Sebagai kampung halaman Aoyama Gosho, Hokuei kini disebut juga sebagai Kota Conan. Kita bisa mampir di stasiun bertema Conan dan melihat Pabrik Manga Aoyama Gosho dengan aneka model karakter Detektif Conan. Bahkan bandara terdekat dari kota ini juga dinamai ulang jadi Bandara Conan loh.

9. Ishinomori Manga Museum


Museum yang terletak di Miyagi ini dipersembahkan untuk Shotaro Ishinomori, sang pencipta karakter legendaris Kamen Rider dan Cyborg 009. Bangunan museum yang berbentuk seperti UFO ini menampilkan berbagai gambar asli, poster, mainan, dan juga proses produksi animasi karya Shotaro.

10. Museum of Attack on Titan


Datanglah ke kampung halaman Hajime Isayama di Hita di Prefektur Oita untuk melihat makhluk raksasa yang menghantui dunia. Jangan lewatkan patung Kapten Levi di Stasiun Hita, sketsa asli karya Hajime, dan juga pemandangan ikonik saat Eren, Mikasa, dan Armin berada di depan bendungan.


Nah sobat otaku, yang mana nih yang paling pengen kamu Datangi? Kalau kamu tahu museum anime menarik lainnya di Jepang, boleh tulis di kolom komentar ya!

Post a Comment

0 Comments