Kota di Dua Benua - 27 Tempat Wisata di Istanbul

Terletak di dua benua sekaligus yaitu Eropa dan Asia, Istanbul adalah kawasan metropolitan dengan sejarah yang membentang jauh ke zaman Turki Ottoman dan Kekaisaran Romawi Bizantium. Cakrawalanya adalah perpaduan antara menara-menara masjid tua dan gedung pencakar langit modern, dihiasi burung camar yang berterbangan dari Selat Bosphorus.

Tedd/ Pixabay

Jika kamu berencana untuk mengunjungi Istanbul, simak dulu daftar di bawah ini. Temukan tempat-tempat paling menarik untuk dikunjungi dan hal-hal yang seru untuk dilakukan di Istanbul! 


1. Hagia Sophia

Awalnya dibangun sebagai gereja utama bagi umat Ortodoks Timur sekitar 1.500 tahun yang lalu, Hagia Sophia kemudian diubah menjadi masjid setelah Penaklukan Konstantinopel pada Tahun 1453. Keajaiban arsitektur ini masih berdiri sampai sekarang, di mana kita bisa melihat gambar orang-orang kudus Kristen dan kaligrafi Islam tergantung berdampingan di langit-langit bangunan.

 

2. Museum Istana Topkapi

Kompleks istana ini adalah kediaman utama para sultan Ottoman serta pusat administrasi mereka selama 400 tahun. Saat ini, Topkapi dibuka untuk umum sebagai museum, di mana pengunjung dapat berjalan menyusuri interiornya dan melihat-lihat koleksi berharga dari zaman Kesultanan Turki Ottoman.


3. Masjid Biru (Masjid Sultan Ahmet)

Hanya 2 menit berjalan kaki dari Hipodrom Konstantinopel, masjid agung kesultanan dari Abad ke-17 ini berdiri megah dengan kubah bertingkat dan 6 menara menjulang dengan gaya arsitektur yang menyerupai Hagia Sophia. Para pengunjung menyebutnya Masjid Biru karena ubin berwarna biru yang mendominasi interiornya.  


4. Grand Bazaar

Grand Bazaar Istanbul terletak di kawasan kota tua di Distrik Fatih. Di sini kita bisa berjalan-jalan menyusuri pasar bersejarah dari Abad ke-15 serta mampir ke sekitar 4.000 toko di dalamnya yang menjual aneka karpet, tekstil, lentera, keramik, perabot logam, teh, rempah-rempah, wewangian, serta jajanan khas Turki.  


5. Tangki Basilika (Basilica Cistern)

Tahukah kamu, bawah tanah Istanbul dipenuhi dengan ratusan tangki air tua yang dibangun Kekaisaran Bizantium untuk menyimpan air? Tangki Basilika alias Basilica Cistern adalah yang terbesar, dibangun pada Abad ke-6 Masehi pada masa pemerintahan Kaisar Justinian I. Tangki indah yang terletak tidak jauh dari Hagia Sophia ini ditopang oleh 336 pilar marmer bergaya Yunani kuno..   

 

6. Istana Dolmabahçe

Ketika Kesultanan Turki Ottoman memulai westernisasi secara besar-besaran pada Abad ke-19, sebuah istana baru dalam gaya Barat dibangun untuk keluarga sultan di sisi Eropa dari Selat Bosphorus. Berbeda dengan Istana Topkapi yang bergaya klasik Bizantium dengan kubah serta sentuhan interior Persia yang kental, Istana Dolmabahçe lebih bernuansa Barat dengan menggabungkan elemen gaya Barok, Neoklasik, dan Beaux-Arts.

  

7. Berlayar di Bosphorus 

Sewalah perahu pribadi atau naiklah ke kapal angkutan feri umum untuk berlayar di sepanjang selat Bosphorus sampai ke pelabuhan terakhir sebelum Laut Hitam, dan saksikan indahnya burung camar terbang di atas cakrawala Istanbul. Di hari yang lebih sepi, kita bahkan bisa melihat sekelompok lumba-lumba berenang bebas di Selat Bosphorus!


8. Ortaköy

Kawasan bersejarah ini dulunya merupakan kawasan kosmopolitan dengan jumlah warga Yunani, Armenia, dan Yahudi yang tinggi. Saat ini, daerah Ortaköy sudah berkembang menjadi kawasan turis dengan banyak kafe, pub, dan restoran yang menghadap ke Jembatan Bosphorus. Masjid Ortaköy di tepi dermaga yang indah dari Abad ke-19 dapat dilihat dari tepi Selat Bosphorus. 


9. Emirgan Park

Terletak di Distrik Sariyer, taman ini dinamai Emirgan untuk mengenang seorang komandan Persia Abad ke-17. Taman Emirgan paling terkenal dengan Festival Tulipnya setiap bulan April, di mana kita dapat melihat ribuan bunga tulip bermekaran di taman. Oh iya, sebagai informasi, kata tulip berasal dari bahasa Turki 'turban', karena bentuk kelopak tulip dianggap mirip turban kepala khas Turki.


10. Cağaloğlu Hamam

Apakah kamu suka dimanjakan di spa? Cobalah pengalaman mandi ala Turki di hamam alias pemandian umum bersejarah dari Abad ke-18 ini. Nikmati sesi pijat gosok dan pijat gelembung, kemudian bersantai di ruangan sauna, dan menyesap teh tradisional Turki. Cağaloğlu Hamam terbuka untuk pria dan wanita.


11. Istiklal Street

Jalur pedestrian sibuk yang terletak di distrik Beyoğlu ini dipenuhi dengan bangunan Abad ke-19 dan awal Abad ke-20 yang mencerminkan era perubahan masyarakat Turki. Di sini kita bisa menemukan aneka restoran trendi, toko butik, dan kios buku di sepanjang jalan. Kita juga bisa mencoba naik trem bersejarah yang mengasyikkan dengan rute sepanjang Jalan Istiklal.  


12. Museum Arkeologi Istanbul

Temukan artefak berharga dari era Yunani kuno, Romawi kuno, dan peradaban lain di seluruh dunia di museum yang luar biasa ini. Terletak di Distrik Fatih, inilah museum pertama di Turki yang didirikan oleh Sultan Abdulaziz pada Abad ke-19. Koleksi terkenalnya termasuk Sarkofagus Alexander dan panel dari Gerbang Ishtar.  

 

13. Miniaturk

Jelajahi sekitar 135 bangunan bersejarah di taman mini yang unik ini. Miniaturk adalah tujuan wisata populer yang menampilkan model landmark dalam skala 1:25 dari seluruh wilayah Republik Turki maupun Kesultanan Ottoman, termasuk Hagia Sophia, Kuil Artemis, dan Jembatan Mostar. 


14. Museum Sejarah Sains dan Teknologi Islam

Terletak di dalam Taman Gülhane, museum ini menampilkan berbagai penemuan dan instrumen yang dibuat oleh para cendekiawan Muslim selama Zaman Keemasan Islam dari Abad ke-9 hingga ke-16 Masehi. Kebanyakan dari benda pameran di museum ini adalah replika yang dibuat berdasarkan informasi sejarah yang ada, termasuk jam air, astrolab, bola langit, pompa air, dan senjata meriam. 



15. Istinye Park Mall

Kalau ingin belanja dan bersantai, mall mewah di distrik Sariyer ini bisa menjadi pilihan. Istinye Park Mall dipenuhi dengan toko-toko brand internasional ternama, maupun produk lokal yang berkualitas. Kita juga bisa menemukan taman terbuka hijau di dalam mall.  


16. Masjid Suleymaniye

Kompleks masjid bersejarah ini adalah rumah ibadah terbesar di Turki selama lebih dari 400 tahun. Pembangunannya diperintahkan langsung oleh Sultan Suleiman Agung, dikelilingi oleh fasilitas seperti rumah sakit, hamam, dapur umum, dan madrasah. Sultan Suleiman dan istrinya juga dimakamkan di kompleks ini. 


17. Masjid Şehzade

Şehzade berarti "Pangeran". Masjid Abad ke-16 ini didirikan atas perintah Sultan Suleiman Agung untuk putranya, Pangeran Mehmed yang meninggal di usia muda. Masjid indah ini adalah contoh karya awal Mimar Sinan, sang arsitek kesultanan yang juga merancang Masjid Suleymaniye. 



18. Hagia Irene

Gereja yang masih serangkai dengan Hagia Sophia ini terletak di dalam kompleks museum Istana Topkapi, merawat ingatan akan arsitektur Bizantium dari masa 1.500 tahun yang lalu. Setelah Penaklukan Konstantinopel, Hagia Irene digunakan oleh militer Ottoman sebagai gudang senjata. Hari ini, Hagia Irene dibuka untuk umum sebagai museum dan gedung konser.. 

 

19. Museum Yahudi Turki

Terletak di kawasan Karaköy, museum ini menampilkan berabad-abad sejarah dan tradisi etnis Yahudi di Turki sejak kurun waktu 500 tahun yang lalu, ketika sekelompok pengungsi Yahudi Sephardim tiba di Kesultanan Ottoman setelah melarikan diri dari persekusi di Spanyol. 


20Çamlıca Tower

Menjulang setinggi 369 meter, Menara Çamlıca saat ini merupakan bangunan tertinggi di Istanbul. Menara telekomunikasi bergaya futuristik ini dilengkapi dengan dua dek observasi di lantai 33 dan 34, restoran, dan lift dengan pemandangan kota yang indah.


21. Ataturk Cultural Center

Sebagai sebuah ikon Istanbul dan seni Turki modern, Pusat Kebudayaan Ataturk telah dipugar dan sekarang dibuka kembali dengan sentuhan baru yang lebih megah. Bangunan dengan fasad kaca yang mencolok ini terletak di kawasan elit Taksim Square, dengan fasilitas meliputi teater, gedung konser, restoran, perpustakaan, dan galeri seni.


22. The Museum of Innocence

Jika kamu pernah membaca The Museum of Innocence, sebuah novel karya penulis peraih Nobel Orhan Pamuk, maka kamu juga harus mengunjungi tempat yang menakjubkan ini. Museum kecil di kawasan Cukurcuma ini memajang lebih dari 1.000 benda sehari-hari yang terhubung langsung secara emosional dengan cerita dalam novel The Museum of Innocence, mulai dari puntung rokok hingga pengocok garam.


23. Spice Bazaar

Dikenal jug sebagai Mısr Çarşısı (Bazaar Mesir), lokasi ini adalah salah satu bazaar terbesar di Istanbul setelah Grand Bazaar. Sesuai namanya, Spice Bazaar alias Bazaar Rempah-Rempah merupakan pusat perdagangan rempah-rempah yang menyatu dengan kompleks Masjid Baru. Ada sekitar hampir 100 toko di sini yang menjual aneka barang mulai dari rempah-rempah dan manisan hingga buah-buahan kering dan perhiasan.


24. Bağdat Avenue

Jika sisi Eropa Istanbul punya Jalan Istiklal, maka sisi Asia punya Jalan Bağdat. Jalan elegan ini terletak di area kelas atas yang terbilang prestisius, dipenuhi dengan department store dan toko butik yang menjual merek internasional. Bisa dibilang, seluruh jalan Bağdat ini adalah sebuah pusat perbelanjaan terbuka.


25. Galata Mevlevi Museum

Saksikan tarian sufi berputar yang terkenal di bangunan bersejarah di distrik Beyoğlu ini. Museum Mevlevi Galata adalah bangunan pertama di Istanbul yang didedikasikan untuk Tarekat Mevlevi (Maulawiyah), sebuah komunitas spiritual yang berasal dari ajaran sufi besar Jalaluddin Ar-Rumi. Museum ini juga menampilkan pameran seputar budaya dan kehidupan para pengikut sufi di masa lalu.  


26. Sapphire Observation Deck

Istanbul Sapphire adalah salah satu gedung pencakar langit tertinggi yang menghiasi cakrawala Istanbul setinggi 231 meter. Terletak di kawasan bisnis Levent yang sibuk, lantai atasnya dilengkapi dengan dek observasi dengan jendela kaca yang besar. Nikmati panorama 360 derajat Istanbul dari atas sini, dan cobalah juga simulasi helikopter 4D SkyRide yang seru.


27. Masjid Çamlıca

Sejak diresmikan untuk umum pada Maret 2019, masjid ini menjadi yang terbesar di seluruh Turki. Terletak di distrik Üsküdar di sisi Asia kota ini, Masjid Çamlıca dirancang oleh dua arsitek wanita, Hayriye Gül Totu dan Bahar Mızrak dengan menara-menara menjulang, kubah besar, perpustakaan, dan ruang konferensi.


Selain itu, Istanbul juga terkenal sebagai surga bagi kucing dan anjing liar. Di setiap sudut kota, kita dapat melihat kucing dan anjing liar berkeliaran di trotoar dan taman dengan aman. Warga Istanbul senang merawat mereka, serta menyediakan makanan dan air untuk mereka di banyak tempat.


Jika kamu mengetahui tempat wisata menarik lainnya di Istanbul, kamu bisa tulis di kolom komentar.


Jangan lupa pesan hotel favorit kamu di Istanbul. Klik di sini untuk pesan.

Selamat liburan dan tetap jaga kesehatan ya!   

Post a Comment

0 Comments