Dalam Bayang Menara Eiffel - 25 Tempat Wisata di Paris

Paris adalah pusat kebudayaan dan kesenian global. Jalan-jalan raya dan trotoarnya yang berpendar di bawah lampu jalan menciptakan suasana romantis yang hangat, merayap ke seluruh penjuru kota yang didominasi oleh bangunan dari Abad ke-19.

pdimaria/ Pixabay

Sebelum kamu berkunjung ke kota yang luar biasa ini, baca dulu ya daftar di bawah ini. Kita udah pilih sejumlah tempat wisata menarik untuk liburan kamu ke Paris!


1. Istana Versailles

Ayo lihat kediaman utama Raja Prancis dan keluarganya sebelum pecahnya Revolusi Prancis di akhir Abad ke-18. Berjalan menyusuri Istana Versailles yang bersepuh emas tentunya akan menjadi pengalaman yang menakjubkan. Pastinya kita akan dibuat terkesan dengan taman-tamannya yang besar, halaman rumput luas, kamar-kamar cantik, dan aula dansa serta ruang pertemuan di tempat yang dulunya menjadi pusat kekuatan politik di Prancis.  


2. Louvre Museum

Sebagai museum yang paling banyak dikunjungi di dunia, Louvre berisi lebih dari setengah juta karya seni dan artefak dari lima benua, termasuk lukisan Mona Lisa yang termasyhur. Museum Louvre awalnya adalah istana kerajaan dari Abad ke-18. Istana ini kemudian berubah menjadi museum setelah pecahnya revolusi, dan sebuah piramida kaca ditambahkan di halaman depannya. 


3. Notre-Dame de Paris

Terletak di arondisemen ke-4, Katerdal Notre-Dame sering disebut banyak orang sebagai salah satu contoh terbaik arsitektur gothik Prancis. Bangunan ini dihiasi dengan banyak patung dan karya seni yang indah. Sayangnya, Notre-Dame harus ditutup sementara untuk rekonstruksi setelah kebakaran pada tahun 2019 merusak atap dan dinding bagian atasnya.


4. Palais Garnier

Dibangun pada Abad ke-19, gedung opera ini tidak diragukan lagi merupakan mahakarya arsitektur Prancis dengan pengaruh gaya Beaux-Arts dan Baroque Revival. Kita bisa mengunjungi Palais Garnier ini di arondisemen ke-9, tidak jauh dari stasiun kereta api Auber. Cukup beli tiket pertunjukan balet dan opera, atau ikuti saja tur keliling gedung.

  

5. Komidi Putar Menara Eiffel

Nikmati pemandangan Menara Eiffel sambil menaiki kuda-kudaan kayu berukir indah di salah satu komidi putar terindah di Kota Paris ini. Le Carrousel de la Tour Eiffel dihiasi dengan panel berwarna-warni yang menggambarkan kehidupan Kota Paris. Dengan suasana romantisnya, komidi putar vintage ini tidak hanya menarik minat anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Sering jadi lokasi foto pre-wedding juga loh!


6. Berlayar di Sungai Seine

Salah satu cara terbaik untuk menikmati pemandangan Kota Paris adalah dengan menaiki perahu menyusuri Sungai Seine. Perahu yang biasanya populer untuk menyusuri Sungai Seine ini disebut Bateaux Mouches. Perahu ini dirancang khusus untuk wisatawan dengan atap transparan atau kursi terbuka di bagian atas. Beberapa perusahaan pemilik perahu ini juga menawarkan pengalaman makan siang dan makan malam di atas sungai untuk wisatawan.


7. Sacré-Cœur


Basilika Hati Kudus, atau lebih dikenal sebagai Sacré-Cœur, adalah gereja Katolik besar yang terletak di atas bukit tertinggi di Paris. Kita harus menaiki banyak anak tangga sebelum sampai ke bangunan utama gereja dengan kubahnya yang menjulang. Cakrawala Paris terlihat sungguh menakjubkan dari atas sini.

8. Pont Alexandre III

Jembatan megah yang melintang di atas Sungai Seine ini menghubungkan arondisemen ke-7 dan ke-8. Pont Alexandre III dibangun pada akhir Abad ke-19, menggabungkan desain Beaux-Arts dengan patung para malaikat, peri, serta lampu jalan yang berukir indah. Ini adalah tempat favorit loh untuk mereka yang ingin melamar pasangannya!

9. Champs-Élysées

Jalan besar di arondisemen ke-8 ini sering dijuluki sebagai jalan terindah di dunia. Champs-Élysées membentang sepanjang 1,9 kilometer dari Place de la Concorde sampai ke Arc de Triomphe, diapit oleh deretan toko fashion kelas atas seperti Louis Vuitton, Gucci, Christian Dior, dan Hermes. Belanja sampai puas deh di sini!


10. Grand Palais

Terletak di Champs-Élysées, gedung megah dengan kubah kaca raksasa dan pilar-pilar besar ini dibangun untuk World Fair Tahun1900 di Paris. Grand Palais sekarang digunakan sebagai ruang pameran serta berbagai acara mulai dari konser musik hingga peragaan busana dan pameran seni yang glamor.


11. Pantheon

Awalnya dibangun sebagai gereja untuk santa pelindung Paris, St. Genevieve, bangunan menakjubkan di arondisemen ke-5 ini sekarang digunakan sebagai mausoleum untuk warga kehormatan Prancis yang dianggap penting seperti Marie Curie, Jean-Jacques Rousseau, dan Voltaire. Kita akan dibuat terkesan oleh kubahnya yang besar dan arsitektur neoklasikisme yang menawan.


12. Pont des Arts

Satu lagi jembatan ikonik lainnya dengan pemandangan romantis di Paris. Pont des Arts adalah jembatan penyeberangan yang melintasi sungai Seine tepat di sebelah selatan Museum Louvre. Dulunya jembatan ini terkenal sebagai lokasi gembok cinta, di mana ribuan pasangan biasa memasang gembok besi di pagar jembatan sebagai simbol ikatan cinta abadi. Tapi sekarang, gembok-gembok itu sudah dilarang karena alasan keamanan konstruksi jembatan. Banyak juga yang melamar kekasihnya di sini loh!


13. Taman Luxembourg

Bahasa Prancisnya adalah Jardin du Luxembourg. Bisa dibilang, ini adalah salah satu taman paling populer di pusat kota Paris. Orang-orang suka membawa anak-anak dan hewan peliharaan mereka ke sini. Kita bisa menjelajahi kawasan pejalan kaki yang diapit oleh halaman rumput yang lapang, petak-petak bunga, patung-patung menawan, dan kolam segi delapan tepat di depan Senat Prancis.

   

14. Taman Tuileries

Pada Abad ke-16, Catherine de' Medici memerintahkan pembangunan taman yang indah ini. Sekarang letaknya berada di antara Museum Louvre dan Place de la Concorde. Sama seperti Luxembourg Garden, Tuileries Garden ini juga didesain dengan halaman rumput, jalur pejalan kaki yang lebar, dan patung-patung yang ditata sesuai gaya taman formal Prancis.

 

15. Parc de la Villette

Kalau kamu lebih menyukai taman dengan gaya yang lebih kontemporer, maka kamu harus datang ke sini. Parc de la Villette dilengkapi dengan museum, aula, dan teater. Kita juga dapat menemukan instalasi patung modern, bangunan futuristik, serta taman tematik untuk anak-anak dan orang dewasa.


16. Galeries Lafayette

Pusat perbelanjaan kelas atas ini adalah surga bagi para penggemar mode, dan sejarahnya membentang lebih dari 100 tahun. Temukan merek-merek fashion favoritmu, mulai dari Armani dan Chanel hingga Fendi dan Dolce & Gabbana. Galeries Lafayette juga menawarkan beragam produk kecantikan, jam tangan, parfum mewah, dan restoran dengan pemandangan Kota Paris.


17. Saint-Germain-des-Prés

Terletak di arondisemen ke-6, kawasan bersejarah ini adalah habitat bagi para intelektual, penulis, seniman, dan filsuf di Paris. Oscar Wilde menghabiskan hari-hari terakhirnya di sini, di tempat yang sekarang disebut L'Hotel. Kita juga dapat mengunjungi Café de Flore dan Les Deux Magots tempat Jean-Paul Sartre dulu sering nongkrong dan bergaul dengan para penulis dan pemikir.


18. Moulin Rouge

Saksikan pertunjukan kabaret terkenal yang berlokasi tidak jauh dari area distrik lampu merah Pigalle di arondisemen ke-18. Para penari dengan kostum heboh di atas panggung akan menghibur kita selama kurang lebih 2,5 jam. Ada juga pilihan untuk menikmati santap makan malam sambil menyaksikan pertunjukan.


19. Louis Vuitton Foundation

Sesuai namanya, museum seni modern di arondisemen ke-16 ini disponsori oleh LVMH Group dan anak perusahaannya. Pameran seni modern di gedung yang berbentuk seperti kapal angkasa ini menampilkan karya seni dari para seniman kontemporer seperti Jeff Koons, Olafur Eliasson, Jean-Michel Basquiat, dan Janet Cardiff.

   

20. Montparnasse Tower

Kota Paris, khususnya kawasan yang dekat pusat kota, tidak punya banyak gedung pencakar langit karena peraturannya yang sangat melindungi bangunan tua. Tapi Menara Montparnasse di arondisemen ke-15 adalah pengecualian, dengan statusnya saat ini sebagai salah satu gedung tertinggi di Prancis. Kita dapat menikmati panorama Paris dan Menara Eiffel dari dek observasinya yang berada di lantai 56.


21. Château de Vincennes



Tepat di luar Kota Paris, kita dapat menemukan sebuah kastil yang indah dari Abad Pertengahan. Château de Vincennes adalah kompleks benteng yang dilengkapi menara pertahanan, paviliun kerajaan, halaman rumput, dan kapel yang dibangun pada Abad ke-14. Kompleks bangunan ini terbuka untuk umum sekarang.

22.  Disneyland Paris

Terletak sekitar 32 kilometer dari pusat kota Paris, taman bermain ini dilengkapi dengan beberapa hotel, restoran, pusat perbelanjaan, dan tentunya kastil Disney yang ikonik. Kita bisa menemukan berbagai atraksi dan permainan serta parade yang terinspirasi oleh film Disney terkenal seperti Toy Story, Pirates of the Caribbean, Star Wars, serta para Disney Princess.

 

23. Asterix Park

Apakah kamu penggemar Asterix dan Obelix? Kalau iya, taman bermain ini sangat cocok untuk kamu! Hanya 40 menit dari pusat kota Paris, Asterix Park dibuat berdasarkan serial buku komik Asterix yang terkenal. Wahana-wahan di sini dibuat berdasarkan budaya-budaya kuno yang menjadi latar komik Asterix seperti Galia, Romawi, Yunani, dan Mesir.


24. Père Lachaise Cemetery


Bisa dibilang, inilah salah satu kompleks pemakaman yang paling banyak dikunjungi di dunia. Terletak di arondisemen ke-20, Pemakaman Père Lachaise dihiasi dengan banyak patung, monumen artistik, dan pohon-pohon besar. Kita dapat menemukan beberapa nama terkenal di antara makam-makam di sini, seperti Isadora Duncan, Eugène Delacroix, dan Jim Morrison.
 

25. Latin Quarter

Terletak di antara arondisemen ke-5 dan ke-6, kawasan ini terkenal dengan suasana kehidupan mahasiswanya. Latin Quarter (Quartier Latin) adalah rumah bagi Universitas Sorbonne dan banyak perguruan tinggi lainnya di Paris. Di sini, kita menikmati suasana sambil menyusuri jalanan, mengunjungi toko buku, dan nongkrong di kafe yang dipenuhi mahasiswa.


Tentunya masih ada banyak tempat lain yang menarik untuk dikunjungi di Paris. Kalau kamu tahu, boleh share ya di kolom komentar. 

Apa kamu sudah pesan hotel untuk liburanmu di Paris? Kalau belum, klik di sini untuk pesan sekarang.

Selamat liburan yaa!

Post a Comment

0 Comments