10 Tempat Wisata Unik di PIK, Jakarta Utara [Plus Rekomendasi Staycation!]

Kawasan Pantai Indah Kapuk atau yang biasa disebut PIK di Jakarta Utara kini menggeliat sebagai destinasi wisata baru loh. Banyak tempat menarik yang bisa kita kunjungi di sana.

its_officially_summer, themangroveid, putrihaerida/ Instagram

Penasaran apa saja? Yuk langsung simak rekomendasi tempat wisata di PIK berikut ini. 


1. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Untuk kamu pecinta alam, pasti senang deh berkunjung ke sini. Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk merupakan ekosistem lahan basah (wetland) yang meliputi hutan magrove dan aneka satwa liar seperti burung merandai. Sebuah jalur kayu yang cantik dibangun agar pengunjung bisa menyusuri kawasan ini dan melihat-lihat pemandangan alam sekitar. Banyak juga yang senang foto-foto prewedding di sini loh. 

Alamat: Jl. Garden House No.4, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 08:00 - 17:00
Tiket: Dewasa Rp. 30 ribu (weekday)/ Rp 35 ribu (weekend); Anak Rp 15 ribu (weekday)/ Rp 20 ribu (weekend)


2. Pantjoran PIK


Pusat kuliner di PIK 2 ini lagi viral banget karena suasananya yang serasa di Negeri China. Berkonsep semi terbuka seperti layaknya sebuah kampung Pecinan alias Chinatown, Pantjoran PIK memiliki arsitektur Tionghoa yang dirancang otentik seperti sebuah kota tradisional di China. Lengkap dengan gapura besar, lampion-lampion merah, serta sebuah pagoda yang menjulang. Kuliner di sini juga banyak yang bernuansa Chinese food, seperti Xiao La Guo, Kwetiau 28 Aho, dan Wong Fu Kie. 

Alamat: Pantjoran Pantai Indah Kapuk 2 Chinatown, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 07:00 - 23:00


3. Pantai Pasir Putih PIK 2


Sekarang kita bisa main pasir di tepi pantai loh di kawasan PIK 2. Untuk masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi ngga heran kalau banyak keluarga yang membawa anak kecil untuk bermain di sini atau menikmati sunset. Mohon diingat, pengunjung belum diperbolehkan berenang di lautnya ya, karena belum dirancang sebagai tempat berenang yang aman. Sejumlah fasilitas sudah dibangun di sekitar pantai, seperti toilet umum, musala, parkir, dan food court dengan live music.

Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk No.2, Tangerang, Banten
Jam Buka: 15:00 - 19:00


4. San Antonio Promenade


Ini lokasi favorit warga PIK untuk olahraga dan bermain sepeda cantik di sore hari. Terletak di kawasan Pantai Maju di pulau reklamasi, San Antonio Promenade ditata apik dengan jalur pedestrian lebar yang enak banget buat jalan santai ataupun bersepeda sambil menunggu matahari terbenam. Ada banyak juga sepeda gandeng, skuter, dan mobil-mobilan listrik yang bisa kita sewa loh. Kalau sudah lelah, tinggal beristirahat di salah satu kafe dan resto yang tersedia di lokasi ini.  

Alamat: Pantai Maju, Jl. Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 24 jam


5. Urban Farm PIK


Pusat kuliner dengan konsep semi terbuka ini juga hits banget karena desainnya yang estetik dan banyak tenant yang oke punya. Mulai dari  Toby's Estate, GIOI, UN Cafe, Legato Gelato, sampai Monsieur Spoon dan Tipsy Cream. Kamu bisa pilih area seating outdoor dengan payung-payung dan kanopi cantik, atau di area indoor yang disediakan masing-masing tenant.

Alamat: Golf Island, Jl. Boulevard Raya, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 07:00 - 21:00


6. Cove at Batavia PIK 


Ngga jauh dari Pantjoran dan Urban Farm, ada lagi pusat kuliner unik yang juga mengusung konsep semi terbuka dengan pemandangan tepi laut. Pengunjung bisa menyusuri jalur pedestrian yang ditata cantik dengan berbagai gerai kafe dan resto di kanan kirinya. Sejumlah tenant menarik bisa kamu temui di sini, seperti  Lawless Burger, Pancious Go, La Brezza, Living Stone, dan Sushi Hiro. Kamu juga bisa mencoba pengalaman santap di atas kapal phinisi dengan layanan dari Talassa by GIOI.

Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 09:00 - 23:00


7. Food Street PIK


Untuk kamu yang lebih suka jajanan ala kaki lima, PIK juga punya pusat kuliner khusus yang bisa kamu coba. Namanya Food Street yang berada di Golf Island, masih berdekatan dengan pusat kuliner lainnya. Di sini tuh suasananya ramai banget dengan banyak outlet yang menjual aneka seafood, bakmi godog, nasi uduk, pisang goreng, sampai sate domba dan tau suan ala Pontianak. Cocok juga buat kamu yang mencari menu halal karena di sini banyak pilihan halalnya.
 
Alamat: Jl. Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 16:00 - 22:00


8. 2D Coffee & Tea


Di kawasan PIK ini ada satu cafe yang unik karena mengusung tema dua dimensi. Namanya 2D Coffee & Tea. Begitu masuk ke lokasi, kita akan seperti terlempar ke dunia komik hitam putih karena suasananya tuh bener-bener dua dimensi banget. Mulai dari kursi meja, sampai wallpapernya semua bikin kita seperti di dalam komik. Cocok banget buat ngopi atau ngeteh cantik sambil selfie seru nih! 

Alamat: Golf Island A No. 05, Ruko Golf Island, Jl. Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara
Jam Buka: 10:00 - 22:00
Range harga: Rp. 50 - 100 ribu/ orang


9. Yun Artified


Ternyata di kawasan PIK juga ada galeri seni loh. Yun Artified Community Art Center secara rutin mengadakan pameran seni yang bisa kamu kunjungi dengan reservasi terlebih dahulu. Karya seni yang dipamerkan cukup beragam, mulai dari lukisan cat minyak dan kaligrafi Tionghoa sampai seni pahat. Selain galeri, Yun Artified juga membuka kelas seni loh. 

Alamat: Jl. Katamaran Permai 3 No.35, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Info/ reservasi: 0815-1341-1533


10. Tzu Chi Center


Kalau kamu pernah berkunjung ke PIK, kamu mungkin pernah melihat bangunannya yang besar dan megah dengan atap bertingkat. Tzu Chi Center berada persis di seberang PIK Avenue Mall adalah pusat dari organisasi amal Buddhis asal Taiwan yaitu Yayasan Buddha Tzu Chi. Gedung ini memang bukan tempat wisata umum, tapi kita bisa loh meminta jadwal kunjungan untuk tur ke bagian dalam gedung. Kita akan diajak melihat museum sejarah Tzu Chi dan aula Jing Si yang megah di dalamnya. 

Alamat: Jl. Boulevard Raya, Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara
Info: 021-5055 9999
Email: tzuchiind@tzuchi.or.id



Bonus: rekomendasi hotel untuk staycation di PIK!

Kalau kamu tinggal jauh dari PIK, atau pengen lebih puas explore kawasan PIK, mending sekalian staycation aja di sini. Kamu bisa pilih deretan hotel nyaman buat staycation kamu di bawah ini:


1. Gold Coast PIK Sea View Apartments by LongeStay


Apartemen mewah ini punya layanan serviced apartment yang worth it banget. Fasilitas kamar lengkap sampai kulkas dan microwave, lalu ada kolam renang dan sauna juga yang bisa kamu pakai.

Harga: mulai dari Rp. 420 ribuan per malam

Tertarik menginap di Gold Coast PIK Sea View Apartments by LongeStayLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


2. Reddoorz Resort @Taman Wisata Mangrove

Yes bener banget, kamu bisa nginap di dalam Taman Wisata Alam Angke Kapuk! Mereka menyediakan cottage kayu cantik dengan pemandangan hutan mangrove di luar jendela.

Harga: mulai dari Rp. 200 ribuan per malam

Tertarik menginap di Reddoorz Resort @Taman Wisata MangroveLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


3. Oakwood Apartments PIK Jakarta


Masih di kawasan yang sama dengan Gold Coast Apartments, ini pilihan yang lebih premium untuk kamu yang mau layanan lebih eksklusif dari manajemen Oakwood.

Harga: mulai dari Rp. 1,2 jutaan per malam

Tertarik menginap di Oakwood Apartments PIK JakartaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


4. Mercure Jakarta Pantai Indah Kapuk


Dengan akses langsung menuju ke PIK Avenue Mall, pastinya menginap di hotel bintang 4 ini jadi lebih nyaman dan praktis.

Harga: mulai dari Rp. 700 ribuan per malam

Tertarik menginap di Mercure Jakarta Pantai Indah KapukLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya

Post a Comment

0 Comments