10 Galeri Seni Kontemporer di Jakarta [Plus Rekomendasi Staycation!]

Salah satu jenis wisata yang banyak diminati di Jakarta saat ini adalah wisata seni. Ada banyak galeri seni kontemporer bermunculan di berbagai penjuru Jakarta, memperkaya lanskap seni di kota ini dengan trend-trend seni baru yang terus berkembang.

meka.elfitri, bbrriggitta, audreeyruth/ Instagram

Nah buat kamu yang ingin menjelajahi lanskap seni kontemporer di Jakarta, simak ya daftar galeri seni yang bisa kamu kunjungi di bawah ini. 


1. RUCI Art Space

Terletak di bilangan Melawai, galeri seni yang didirikan Rio Pasaribu ini rutin menggelar pameran seni kontemporer yang mengesankan. Mulai dari lukisan, fotografi, seni pahat, hingga video dan instalasi lainnya. Pameran mereka selalu menggandeng banyak seniman, baik dari dalam maupun luar negeri.   

Alamat: Jl. Melawai VIII No.2A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam Buka: 11:00 - 19:00
Reservasi: @ruci.art | Linktree 


2. MoJA Museum


Ini galeri seni yang lagi hits banget, karena punya banyak spot foto unik dan kekinian. Mulai dari yang bentuknya seperti pelangi, sampai seperti kapal luar angkasa.  Ada juga arena roller skate, serta area lukis di mana kita bisa membuat karya seni sendiri. Harga tiketnya mulai dari Rp. 110 ribu per 2,5 jam. 

Alamat: Gelora Bung Karno, Jl. Gerbang Pemuda No.1, Tanah Abang, Jakarta Pusat
Jam Buka: 11:00 - 19:30
Pemesanan tiket: MoJA Museum


3. Museum MACAN


Beralih ke Kebon Jeruk, ini museum seni yang juga sudah ngga asing di kalangan pecinta seni di Jakarta. Koleksi Museum MACAN merentang dari karya -karya seniman Indonesia maupun dari berbagai belahan dunia, semuanya lewat kurasi dengan tema-tema yang memukau. 

Alamat: AKR Tower, Jl. Perjuangan No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 16:00 (Selasa - Minggu)
Pemesanan Tiket: Museum MACAN


4. Nadi Gallery


Sedikit bergeser ke Puri, Nadi Gallery berdiri tenang tak jauh dari Lippo Mall Puri. Galeri besutan Biantoro Santoso ini mengusung desain arsitektur kubik modern, dengan pameran berkala dari banyak seniman. Oh iya, galeri ini pernah terpilih sebagai The Best Art Gallery in Jakarta loh pada 2009.   

Alamat: Jl. Kembang Indah III No.4-5, Kembangan, Jakarta Barat
Jam Buka: 10:00 - 17:00 
(Senin - Sabtu)
Info kontak: Nadi Gallery


5. Galeri Nasional Indonesia


Galeri milik pemerintah ini mungkin salah satu yang paling populer dan diperhitungkan di kalangan pegiat seni Jakarta maupun Indonesia. Berada di dalam bangunan bersejarah dari era kolonial, Galeri Nasional memamerkan karya seni dari era Raden Saleh hingga seniman kontemporer baik dalam maupun luar negeri.
 
Alamat: Jl. Medan Merdeka Timur No.14, Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka: 11:30 - 23:30
Reservasi: @galnas | Linktree


6. Rumah Miring by CGartspace


Bangunan cantik yang seolah hendak jatuh ke depan ini adalah rancangan arsitek Budi Pradono. Di dalamnya terdapat sejumlah koleksi tetap, maupun pameran seni yang digelar berkala, baik pameran tunggal maupun kurasi sejumlah seniman. Menariknya, rumah milik Christina Gouw ini bisa kamu sewa harian!     

Alamat: Jl. Pinang Kuningan IX, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
Jam Buka: 13:00 - 17:00 (Senin - Jumat)
Telepon: 0816-817-017


7. CAN'S Gallery


Terletak di belakang Museum Nasional, galeri yang satu ini bermitra dengan banyak seniman kenamaan seperti Sunaryo, Nyoman Masriadi, Entang Wiharso, dan FX Harsono. Sejumlah seniman muda yang sedang melebarkan sayap juga turut mewarnai pameran seni di CAN's Gallery.

Alamat: Jl. Tanah Abang II No.25, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat
Jam Buka: 10:00 - 17:00 (Senin - Sabtu)
Telepon: 021 3451898


8. Art: 1 New Museum


Didirikan oleh Martha Gunawan pada 1983, galeri seni ini sudah sangat diperhitungkan dalam lanskap seni kontemporer tanah air. Dengan sekitar 2.500 koleksi seni tetap, Art: 1 New Museum yang juga dilengkapi institusi seni ini sudah berulang kali meraih penghargaan di bidang seni.  

Alamat: Jl. Rajawali Selatan Raya No.3, Gunung Sahari Utara, Sawah Besar, Jakarta Pusat
Jam Buka: 10:00 - 16:00 (Selasa - Minggu)


9. Akili Museum of Art


Bertempat di sebuah bangunan bergaya modern minimalis yang teduh, galeri seni milik Rudy Akili ini menyimpan banyak koleksi karya seni kontemporer yang menawan. Ada sekitar 400 koleksi yang berasal dari berbagai seniman Indonesia, China, Spanyol, Belanda, hingga Italia. Kamu harus reservasi terlebih dahulu jika ingin mengunjungi Akili Museum of Art.

Alamat: Mutiara Kedoya, Blok A1-1 JKLM, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon: 021 5830 1705


10. Dia.Lo.Gue Artspace


Ini galeri seni sekaligus kafe yang dulu pernah hits karena desainnya yang super modern. Spot paling ikonik adalah tangganya yang seolah melayang di ruang kosong. Selain bisa menikmati berbagai koleksi karya seni, kamu juga bisa hangout di kafe dan membeli merchandise di toko suvenirnya. 

Alamat: Jl. Kemang Selatan No.99A, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Jam Buka: 11:00 - 20:00


Bonus: rekomendasi hotel bertabur karya seni untuk staycation di Jakarta!

Kemaleman nongkrong di Blok M? Atau emang mau staycation aja di kawasan ini? Yaudah yuk langsung aja simak deretan hotel keren buat staycation kamu di bawah ini:


1. Artotel Thamrin Jakarta


Terletak tepat di samping pusat perbelanjaan Sarinah, hotel ini dihiasi banyak mural dari karya seni sejak dari lobi sampai ke dalam kamarnya. Ada rooftop barnya juga yang jadi favorit di sore hari.

Harga: mulai dari Rp. 350 ribuan per malam

Tertarik menginap di Artotel Thamrin JakartaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


2. Kemang Icon Hotel

Hotel ini punya konsep unik berupa perpaduan antara hotel dan galeri seni. Karena desainnya yang artistik dan suasana yang tenang, hotel ini sering menjadi pilihan untuk acara wedding.

Harga: mulai dari Rp. 1,5 jutaan per malam

Tertarik menginap di Kemang Icon HotelLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


3. Raffles Jakarta


Tidak hanya sekadar kemewahan ala hotel bintang lima dengan pelayanan premiumnya, Raffles Jakarta yang berada di kawasan bisnis Kuningan juga dihiasi banyak karya seni yang menakjubkan di bagian dalamnya.

Harga: mulai dari Rp. 3,6 jutaan per malam

Tertarik menginap di Raffles JakartaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya


4. Four Seasons Hotel Jakarta


Hotel mewah di bilangan Gatot Subroto ini bisa dibilang adalah sebuah galeri seni raksasa. Mulai dari interior sampai tamannya semua merupakan rancangan desainer terkenal, termasuk juga koleksi karya seninya yang bertabur dari lobi sampai ke lounge dan lorong-lorong hotel.  

Harga: mulai dari Rp. 3,2 jutaan per malam

Tertarik menginap di Four Seasons Hotel JakartaLangsung aja pesan di sini.

*Harga dapat berubah tergantung season dan promo. Cek harga sekali lagi sebelum pesan ya

Post a Comment

0 Comments