Bonan Dolok, Lanskap Alam yang Menakjubkan di Samosir, Sumatera Utara

Kalau sedang berkunjung ke Kabupaten Samosir di Sumatera Utara, cobalah mampir ke Desa Bonan Dolok yang terletak di Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Desa ini punya bentang alam yang luar biasa indah dengan jajaran bukit dan lahan pertanian di lembah yang menghijau. 

gunturnainggolan, saragih_erick, satryaazmi/ Instagram

Jika berangkat dari Medan, pertama kita bisa menuju Pangururan, ibukota Kabupaten Samosir yang berjarak sekitar 6 jam perjalanan darat. Selanjutnya kita bisa memilih perjalanan darat, atau perjalanan air dengan kapal penumpang menyusuri Danau Toba untuk sampai ke Bonan Dolok. Sepanjang perjalanan ini pun, kita sudah disuguhi pemandangan alam Danau Toba yang mengagumkan.

Bonan Dolok adalah kawasan pedesaan khas Batak di pesisir Danau Toba yang dikepung lanskap perbukitan. Rumah-rumah tradisional Batak berdiri di antara hamparan sawah dan aliran sungai jernih yang menenteramkan hati. Yang paling dicari para pengunjung di desa ini adalah pemandangan dari atas bukitnya. Dari ketinggian, kita akan mendapatkan pemandangan desa dengan petak-petak sawah dan luasnya horizon yang tidak ada duanya.   

Desa Bonan Dolok juga terkenal dengan adanya Air Terjun Sitapigagan. Air terjun ini mengalir di sisi bukit, lalu melewati sungai dengan bebatuan kali yang cantik sebelum bermuara ke Danau Toba. Jika sudah puas bermain air, kita bisa lanjut menyusuri area persawahan yang membentang di lembah. Menikmati suasana tenang desa dan senyum ramah warganya. 



Kamu sedang mencari hotel untuk liburan di Samosir? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments