Derawan, Kepulauan Surga Tropis yang Menawan di Timur Kalimantan

Kabupaten Berau di Kalimantan Timur punya sebuah destinasi pantai kelas dunia yang menjadi tujuan para pecinta pantai dan laut, yaitu Kepulauan Derawan. Tidak hanya menawarkan pasir putih dan air laut yang begitu jernih, Derawan juga merupakan rumah bagi banyak biota laut yang menawan.

jelajahpesisir_trip, indonesiantravellersofficial, kakabantrip/ Instagram

Jika kamu berasal dari luar Kalimantan, kamu bisa memulai perjalanan dengan mengambil penerbangan ke Tanjung Redeb, ibukota Kabupaten Berau. Setelah itu, kamu akan melanjutkan perjalanan darat sekitar 2 jam menuju dermaga Tanjung Batu. Kemudian kamu bisa menyambung dengan speedboat sekitar 45 menit untuk sampai ke titik Kepulauan Derawan. 

Ada sekitar 31 pulau serta beberapa gosong/ gusung (pulau pasir) dan atol (pulau koral) yang tersebar di seluruh Kepulauan Derawan. Jadi kita bisa puas melakukan tur antar pulau alias island hopping dengan kapal sewaan. Sebaiknya datanglah bersama rombongan agar harga sewa kapal jadi lebih murah.

Bukan tanpa alasan jika Derawan disebut sebagai destinasi pantai kelas dunia. Kawasan ini menawarkan pengalaman lengkap yang jarang dimiliki tempat lain, mulai dari pantai-pantai pasir putihnya yang halus, penyu yang sering muncul di pesisir, kawanan ikan pari, paus hiu, dan barakuda, sampai Danau Ubur-Ubur di Pulau Kakaban. Pantas jika Derawan bahkan dinominasikan sebagai calon Warisan Dunia UNESCO.


Kamu sedang mencari penginapan atau resort di Derawan? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments