Hijaunya Panorama Alam Wayang Windu Panenjoan di Bandung

Kecamatan Pangalengan di wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, punya banyak pilihan wisata alam yang mengagumkan. Salah satunya yang sedang naik daun adalah Wayang Windu Panenjoan yang terletak di Desa Banjarsari. Kawasan wisata ini menyajikan pemandangan hamparan kebun teh di tengah udara sejuk.

indrasutantoo, rismayuliyantii8, farisaazmi/ Instagram

Berbeda dengan wisata kebun teh pada umumnya, Wayang Windu Panenjoan dirancang dengan jembatan kayu yang melintang di atas kebun teh sebagai jalur sekaligus dek pandang untuk wisatawan. Dari atas jembatan kayu ini, kita bisa dengan jelas menikmati panorama alam sekitar dengan kebun teh yang menghijau serta uap putih panas bumi dari uji produksi sumur PLTP.  

Kebanyakan wisatawan berkunjung ke sini pada pagi sampai sore hari. Ada yang khusus mengejar view matahari pagi, matahari terbenam, ataupun sekadar ingin merasakan sejuknya udara di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut sambil bersepeda dan bermain ATV. Namun ada juga yang sengaja datang di malam hari untuk menikmati panorama langit berbintang, bahkan sampai berkemah. 

Untuk mencapai lokasi Wayang Windu Panenjoan tidak sulit, karena saat ini jalan aksesnya sudah dibuat bagus. Jaraknya sekitar 9 kilometer saja kalau dari Bundaran Kecamatan Pangalengan, atau sekitar 57 kilometer ke selatan dari Pusat Kota Bandung. Harga tiketnya adalah Rp. 10 ribu per orang, dan tarifnya parkirnya Rp. 5 ribu untuk motor atau Rp. 10 ribu untuk mobil. 


Kamu sedang mencari hotel untuk liburan di Bandung? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments