Menengok Derasnya Riam Terinting di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Kabupaten Landak di Kalimantan Barat punya sebuah air terjun alias riam menjulang yang terdiri dari beberapa tingkat aliran air. Namanya Riam Terinting yang terletak di Kawasan Serimbu, tepatnya di Desa Sempatung Lawek yang termasuk dalam Kecamatan Air Besar. 

yansaaseven7, aprhoack, arizkirh_/ Instagram

Riam Terinting terbentuk dari aliran Sungai Ensiang yang kemudian terputus di sebuah tebing curam, sehingga aliran sungai kemudian terjatuh membentuk tirai-tirai air yang begitu indah. Air terjun ini meluncur setinggi 50 meter dengan melewati beberapa tingkatan tebing sebelum akhirnya sampai ke dasar. 

Untuk mencapai air terjun ini, pertama kita harus menuju Kabupaten Landak. Jarak tempuhnya sekitar 4-5 jam perjalanan darat dengan mobil atau motor dari Pontianak menuju Ngabang, ibukota Kabupaten Landak. Kemudian perjalanan dilanjutkan lagi sekitar 2 jam ke Serimbu dan pos peristirahatan.

Dari pos peristirahatan, diperlukan waktu sekitar 6-7 jam trekking berjalan kaki menuju ke titik Riam Terinting. Oleh karena itu, selain harus didampingi pemandu lokal dan juga membawa perlengkapan tenda untuk bermalam, diperlukan stamina yang kuat jika kamu ingin mengunjungi keindahan Riam Terinting. Tapi semua lelah yang dirasakan akan terbayar tuntas begitu kita sampai di lokasi. Lebih dari sekadar air terjun, kita akan disuguhi kemegahan alam dengan hamparan pemandangan hutan hujan yang berlapis kabut awan. Indah dan menawan.



Kamu mencari hotel di Pontianak? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments