Negeri Sayur Sukomakmur, Wajah Subur Lereng Sumbing di Magelang, Jawa Tengah

Kabupaten Magelang di Jawa Tengah selama ini terkenal dengan wisata Candi Borobudur yang mendunia. Tapi tahukah kamu, Magelang juga punya banyak pesona wisata alam yang mengesankan? Salah satunya bisa kamu temui di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di Dusun Nampan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran.

⁣lilis_suryanti27, akmalsyakdan, agung_gandi23/ Instagram

Negeri Sayur Sukomakmur adalah tema wisata yang diusung warga setempat menyusul viralnya ladang sayur desa mereka karena view spektakulernya di lanskap lereng Gunung Sumbing. Keindahan pemandangan ini menarik datangnya banyak pengunjung untuk menikmati suasana pedesaan dengan udara gunung yang segar.

Jenis sayuran yang banyak ditanam di Dusun Nampan ini antara lain adalah daun bawang, kentang, dan lobak. Kita bisa bebas berfoto dengan latar kontur ladang sayur yang bergelombang serta Gunung Sumbing yang menjulang. Tapi harap diingat, jangan pernah merusak tanaman sayur milik petani ya. Sebaiknya juga datanglah saat cuaca cerah dan tidak berawan, agar Gunung Sumbing terlihat jelas. 

Jika kita mengendarai mobil, kendaraan hanya bisa diparkir sampai pintu loket masuk dengan biaya tiket Rp. 5 ribu/ orang. Kemudian kita harus berjalan kaki atau naik ojek sekitar 1,5 km ke atas untuk sampai ke titik pandang yang ideal. Sambil menikmati pemandangan, kita juga bisa membeli aneka jajanan di warung sekitar. Ada gorengan dan bakso, juga teh dan kopi yang pas untuk menemani suasana di pegunungan. 



Kamu sedang mencari hotel untuk liburan di Magelang? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments