Romantisnya Karamba Cinta Sawai di Perairan Maluku Tengah

Tahukah kamu, di Maluku ada sebuah pondok dengan keramba di tengah laut? Orang-orang menyebutnya Karamba Cinta, karena keramba tersebut dibuat berbentuk hati. Kamu bisa mengunjunginya di Maluku Tengah, tepatnya di Desa Sawai yang berada di Kecamatan Seram Utara. Kurang lebih sekitar 4 kilometer saja dari Pantai Ora.

ilhannajir, kakatuabungalow, omianastaria/ Instagram

Karamba Cinta didirikan oleh Taha Bachmid, seorang pria kelahiran Saparua. Dia memiliki impian di masa kecil untuk membangun sebuah rumah di tengah laut yang indah. Pada 2019, dia mewujudkan impiannya itu dengan membangun sebuah rumah berserta keramba di tengah perairan dangkal antara Seram dan Pulau Sawai dengan dibantu warga sekitar. 

Dengan luas mencapai sekitar 50 x 50 meter, Keramba Cinta diisi ikan-ikan hias aneka warna yang mencapai 15 ribu ekor. Jika dilihat dari udara, bentuk keramba ini persis seperti hati. Selain mengunjungi keramba, di sini kita juga bisa berenang dan menyelami keindahan bawah laut Seram yang memukau dengan terumbu karang dan berbagai biota lautnya. 

Untuk mengunjungi Karamba Cinta, tidak dikenakan biaya alias gratis. Sang pemiliknya mengatakan bahwa semua pengunjung akan dia anggap sebagai tamu di rumahnya, sehingga tidak perlu membayar. Yang penting jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian alam di perairan sekitar. 


Kamu sedang mencari penginapan untuk liburan di Seram Utara? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.



Post a Comment

0 Comments