Seribu Patung Penari di Taman Gandrung Terakota, Banyuwangi, Jawa Timur

Terinspirasi dari situs patung prajurit terakota di Tiongkok berusia lebih dari 2.000 tahun, sebuah taman di Banyuwangi kini dihiasi dengan seribu patung terakota berbentuk para penari gandrung, tarian khas kebanggaan Banyuwangi. Pesonanya mulai banyak dibicarakan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.
darmawansyahrobby, tjetjepr, ikmil.baihaqi_ / Instagram

Taman Gandrung Terakota terletak di dalam kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort yang berada di Kecamatan Licin. Begitu memasuki kawasan taman ini, kita akan disuguhi pemandangan Gujung Ijen yang menjulang di arah barat, serta Selat Bali yang membiru di arah timur. 


Patung-patung terakota berwujud para penari disebar seluruh taman dengan penataan artistik yang sangat cantik. Sebagian berjajar di tepi sawah yang hijau, sebagian lagi berada di kolam dengan pose berdiri maupun setengah terbenam. Seisi taman seperti berubah menjadi desa bidadari.


Penataan Taman Gandrung Terakota memang tidak main-main karena melibatkan kurator senior dari Galeri Nasional Indonesia yaitu Dr. Suwarno Wisetrotomo. Taman ini juga dirancang sebagai kawasan konservasi budaya yang merawat praktek agrikultural tradisional seperti membajak sawah dengan kerbau, kebun tanaman lokal, serta amfiteater untuk pertunjukan tari dan musik. 



Kamu sedang mencari hotel untuk liburan di Banyuwangi? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments