Terpukau Cantiknya Pulau Bahuluang di Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan

Di Kabupaten Selayar yang membentang di Laut Flores antara wilayah Sulawesi dan Nusa Tenggara, sebuah destinasi cantik mulai dilirik sebagai tujuan wisata pantai baru. Namanya Pulau Bahuluang, sebuah pulau berpantai pasir putih yang termasuk ke dalam Kecamatan Bontosikuyu.

caswanassegaf, idnvacation, guntur.30/ Instagram

Air laut sejernih kristal akan menyambut begitu kita mendekati wilayah Pulau Bahuluang dengan perahu. Semakin mendekati pulau, warna biru air semakin muda, dan permukaan dasar laut semakin tampak jelas diterpa kilau matahari. Lalu Pasir putih dan jajaran pohon serta karang memanggil kita untuk segera turun menjelajahi seisi pulau.

Untuk mencapai Pulau Bahuluang dari Makassar, pertama kita harus menaiki kapal laut yang beroperasi dengan rute Makassar - Selayar. Setelah turun di Pelabuhan Rauf Rahman di Benteng, ibukota Kepulauan Selayar, kita akan melanjutkan perjalanan darat sekitar 40 kilometer dengan mobil atau motor ke Desa Appatanah.

Dari Desa Appatanah, kita bisa menyewa perahu kayu milik warga dengan tarif sekitar Rp. 400 - 600 ribu untuk satu perahu bermuatan 10 - 20 orang. Perahu inilah yang akan mengantarkan kita berkeliling seharian menjelajahi kecantikan Pulau Bahuluang. Ada beberapa titik di pulau yang menarik untuk berenang, snorkeling, atau sekadar menikmati matahari sambil mendengar debur ombak di hadapan kita.


Kamu butuh penginapan di Kepulauan Selayar? Pesan sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah, mencoret-coret, memetik, menebang, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

Post a Comment

0 Comments