Pante Menye, Wisata Favorit di Aceh Tengah dengan View Danau Laut Tawar

Rasanya belum lengkap berkunjung ke Aceh Tengah kalau belum mampir ke Danau Laut Tawar. Di sisi timur danau ini, sekitar 40 menit perjalanan darat dari Takengon, terdapat sebuah tempat wisata yang sedang populer di kalangan warga setempat. Ini dia Dermaga Pante Menye yang dirancang unik dengan pemandangan Dataran Tinggi Gayo yang memukau.

via: @iin.rida, @bedi_prabu, @iwanvanwilan/ IG

Dermaga Pante Menye beralamat di Kampung Lenong Bulan Dua, Kecamatan Bintang. Sepanjang jalan menuju ke lokasi, kita akan disuguhi panorama Danau Laut Tawar yang dikelilingi perbukitan menghijau. Danau terbesar di Aceh ini berada di ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut. Wajar jika udara terasa begitu sejuk dan segar di kawasan ini. 

via:@sitivira.ws, @mkhairil_09, @fitrianie_ilyas/ IG

Begitu tiba di lokasi, kita akan disambut dengan dek kayu yang memiliki desain melingkar-lingkar seperti motif kerawang Gayo. Dari atas dek dermaga ini, hamparan Danau Laut Tawar terlihat begitu indah. Alat jaring penangkap ikan tradisional yang disebut serue tergantung di banyak titik sebagai hiasan. Sambil menikmati suasana, kita bisa memesan aneka menu makanan dan minuman. 

Harga tiket masuk ke Pante Menye cukup terjangkau, yaitu hanya Rp. 5 ribu saja per orang. Tersedia juga fasilitas perahu yang bisa membawa kita sampai ke tengah danau loh.

Ingin liburan di Aceh Tengah? Pesan hotel terbaik sekarang juga di sini.

Paperkampung mengajak semua pembaca untuk ikut terlibat aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lokasi wisata kita, khususnya wisata alam. Jangan pernah membuang sampah sembarangan, mencoret-coret, memetik, menebang, mematahkan, menangkap satwa liar, dan tindakan merusak lainnya. Mari menjadi wisatawan yang bertanggungjawab dan beretika.

  

Post a Comment

0 Comments