Sejuk dan Damai! Ini Tata Cara Healing ke Pura Tirta Empul di Bali!

Pura Tirta Empul adalah salah satu destinasi wisata populer yang banyak dicari wisatawan di Bali. Terletak di Kecamatan Tampaksiring yang sejuk di Kabupaten Gianyar, Pura Tirta Empul menawarkan pesona kolam air suci yang berasal dari mata air pegunungan. Di sinilah para wisatawan banyak melakukan tradisi melukat, yaitu penyucian jiwa dengan air yang dipercaya mampu membersihkan pikiran dan menghadirkan aura positif.

via: @rezandriyanto, @slr_14, @letravelgram/ IG

Untuk kamu yang ingin healing ke Pura Tirta Empul, simak ya alurnya berikut ini! Pertama, setelah sampai di tempat parkir, kamu bisa membeli tiket yang tersedia di loket depan pura. Tiket wisatawan domestik sebesar Rp 30 ribu saja, sedangkan wisatawan asing sebesar Rp 50 ribu per orang. Dengan tiket ini, kita sudah bisa masuk ke area pura yang teduh. Sebuah pohon beringin besar dengan cabangnya yang merentang ke segala arah akan menyambut kita setelah melewati gapura terdepan. 

Setelah melewati pohon beringin besar, kita akan diminta untuk memakai kain sarung yang menutup pinggang ke bawah sebelum masuk ke bagian pura yang lebih dalam. Kamu bisa membawa kain sendiri, atau meminjam kain yang disediakan dengan donasi sekadarnya. Sebagaimana aturan umum di pura, perempuan yang sedang haid juga dimohon menunda kunjungan sampai selesai haid.  

Setelah memakai kain sarung, kita bisa masuk ke pelataran berikutnya yang dilengkapi sebuah bale besar dan pelinggih untuk menghaturkan banten (sesajian). Kamu bisa berdoa di sini dan menyampaikan harapan kamu, atau langsung menuju ke area kolam suci. Kamu boleh hanya melihat-lihat suasana saja. Tapi kalau ingin masuk berendam di kolam, kamu tidak boleh memakai sarung yang dipinjam di depan. Kamu harus mengganti dengan sarung lain berwarna hijau serta tali pinggang merah yang bisa disewa seharga Rp 10 ribu, ditambah sewa loker sebesar Rp 15 ribu.

Jika sudah memakai sarung khusus mandi, kamu bisa masuk ke kolam suci yang berada di dalam gapura selanjutnya. Kolam ini berair sangat jernih dengan ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Berdirilah di depan salah satu pancuran yang memancarkan air, lalu berdoalah atau bermeditasi sejenak untuk menjernihkan pikiran sambil menangkupkan tangan di depan kepala. Tarik napas dan biarkan udara segar memasuki rongga dada. Setelah itu, basuhlah wajah dengan air suci sebanyak tiga kali dan bilaslah kepalamu di pancuran air tersebut. Kamu juga boleh meminum airnya.

Perlu diperhatikan, ada pancuran tertentu yang terlarang karena dikhususkan untuk keperluan ritual orang mati. Jika kamu tidak yakin yang mana, kamu bisa bertanya pada pengunjung lokal di sana. Atau kamu bisa meminta didampingi oleh pemandu lokal dari gerbang depan, yang akan senang hati mendampingi kamu dengan imbalan sekadarnya. 

Setelah selesai berendam di kolam suci, kamu bisa mengeringkan diri dan mengganti pakaian di ruang ganti. Ingat, kamu dilarang mandi dengan sabun dan sampo di area kolam suci ya. Ada toilet dan kamar mandi yang disediakan untuk pengunjung yang memerlukan. Bagaimana, mudah dan menarik kan? Kamu bisa langsung datang ke Pura Tirta Empul di Tampaksiring yang bejarak sekitar 1 jam dari Denpasar atau 30 menit saja dari Ubud.  

Tertarik liburan di Bali? Pesan hotel terbaik di Bali sekarang juga di sini.

Post a Comment

0 Comments