Wat Arun, Kuil Fajar di Tepi Chao Praya

3:49:00 PM

Wat Arun adalah sebuah Kuil Buddha yang terletak di tepi barat (Thonburi) Sungai Chao Praya di Bangkok, Ibukota Thailand. Bentuknya yang menjulang tinggi terlihat khas menghiasi langit Bangkok, sehingga seringkali dianggap sebagai landmark Kota Bangkok. Kata Wat berarti kuil, sedangkan Arun berarti fajar. Kuil ini disebut sebagai Kuil Fajar karena di pagi hari, sinar fajar menyinari stupa kuil yang membuatnya terlihat menyala indah.

via: http://asiagreentravel.com

Wat Arun awalnya merupakan sebuah kuil kuno dari masa Kerajaan Ayutthaya. Kuil itu kemudian runtuh dan ditinggalkan. Baru lah pada masa Raja Rama II di abad ke-19, kuil ini dipugar kembali. Kemudian ditambahkan sebuah stupa (prang) setinggi sekitar 70 meter yang kini menjadi ciri khas Wat Arun.
Stupa atau prang utama pada Wat Arun dihiasi dengan banyak ornamen indah yang berwarna-warni. Ornamen ini dibuat dari bahan porselen yang ditempelkan ke tubuh stupa dengan teliti. Stupa utama ini diapit oleh empat stupa lain yang lebih kecil, dihiasi kulit kerang dan aneka porselen. Itu sebabnya stupa ini bersinar cantik saat diterpa sinar fajar. Terdapat juga patung-patung raksasa dan monyet yang tampak berdiri menyangga stupa.

via: www.expedia.com
Keragaman pengaruh budaya di Thailand tampak tergambar jelas di Wat Arun. Selain stupanya yang bergaya Khmer (Kamboja), ornamen lainnya juga sarat akan pengaruh asing seperti India dan Cina. Seperti porselen dan patung prajurit Cina yang ikut menghiasi kuil. Dan meski pun ini kuil Buddha, banyak juga ornamen khas Hindu di dalamnya.
Banyak cara untuk mengunjungi Wat Arun. Salah satunya adalah dengan naik SkyTrain ke Stasiun Saphan Taksin. Dari sana, kamu bisa berjalan menuju ke dermaga Central Pier untuk naik perahu sampai ke dermaga 8 (Ta Tien). Dari dermaga 8, tinggal naik perahu sekali lagi ke seberang sungai.   
Meski pun dinamakan Kuil Fajar, waktu sore hari juga cocok untuk berkunjung kemari. Terutama ketika hari mulai gelap, karena stupa Wat Arun akan disinari cahaya lampu yang indah. Tiket masuk ke Wat Arun adalah seharga 100 baht. Kuil ini buka setiap hari mulai pukul 8.30 sampai 17.30 waktu setempat. Tersedia penyewaan sarung untuk para pengunjung yang memakai celana pendek.

via: asiatours.co
via: teakdoor.com
via: http://asiaseaplanetours.com

You Might Also Like

0 komentar