Mutiara Destinasi Pantai Indonesia (Part 1)

5:15:00 PM

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, sudah sewajarnya kalau pantai merupakan destinasi unggulan Indonesia. Bisa dibilang, semua pulau dan provinsi dari Sabang sampai Merauke punya pantai terindahnya masing-masing. Kali ini, kami akan ulas 7 kawasan wisata pantai yang kecantikannya sedang bersinar di mata dunia. Ini dia:

1. Derawan, Kalimantan Timur
 

via: agushoe.wordpress.com
 Kepulauan Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat sekitar 31 pulau, di antaranya yaitu Maratua, Sangalaki, Kakaban, dan Derawan. Kepulauan ini menjadi pembicaraan karena pantai-pantai dan taman lautnya yang berkelas dunia. Selain ikan-ikan tropisnya yang berwarna-warni, hewan seperti penyu dan ikan pari juga mudah ditemui di sini. Terdapat juga danau yang memiliki banyak ubur-ubur.

Untuk mencapai Kepulauan Derawan, kamu bisa memilih rute dari Berau atau Tarakan. Dari Berau, kamu bisa melakukan perjalanan darat menuju Pelabuhan Tanjung Batu. Kemudian lanjut dengan speedboat sekitar setengah jam menuju Kepulauan Derawan. Sedangkan dari Tarakan, kamu bisa menuju ke Pelabuhan Tengkayu. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan speedboat sekitar 3 jam menuju Kepulauan Derawan.
Berau dan Tarakan sendiri bisa dicapai dengan penerbangan dari kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Balikpapan, dan Samarinda.    

2. Anambas, Kepulauan Riau

via: https://www.instagram.com/melvin_adianto/

Kepulauan Anambas adalah kabupaten yang terdiri dari gugusan pulau di Provinsi Kepulauan Riau, tak jauh dari Singapura. Pada 2012, Anambas masuk dalam daftar surga pulau tropis terbaik di Asia yang dirilis CNN. Sejak saat itu, popularitas Anambas mulai melambung di antara para pecinta pantai dunia.
Fasilitas yang ada di kepulauan ini memang belum selengkap destinasi wisata populer seperti Bali. Namun kalau kamu mencari pantai-pantai sepi dengan pasir putih yang belum banyak dijamah turis, ini tempat yang tepat. Beberapa titik terbaik yang sangat disukai di antaranya ada di Pantai Penjalin dan Nongkat.

Untuk mencapai kepulauan Anambas, kamu bisa memulai perjalanan dari Batam atau Tanjung Pinang (Ibukota Kepulauan Riau). Dari Batam, terdapat penerbangan lokal menuju Matak, pulau terbesar di Anambas. Dari Matak, perjalanan dilanjutkan dengan bis menuju ke dermaga, kemudian lanjut naik kapal ferry ke Terempa, ibukota Anambas. Sedangkan dari Tanjung Pinang, kamu bisa menumpang kapal ferry menuju ke Terempa dengan waktu tempuh sekitar 8 jam.

3. Mentawai, Sumatera Barat

via: livethelife.tv

Kabupaten Kepulauan Mentawai terdiri dari sekitar 70 pulau di lepas pantai barat Sumatera, dengan pulau terbesarnya yaitu Siberut. Selain dikenal dengan pantainya yang indah, Mentawai juga populer di kalangan peselancar internasional karena ombaknya yang tinggi. Sejumlah resort pantai telah berdiri di kabupaten ini.

Akses menuju ke Kepulauan Mentawai terbilang masih cukup sulit. Kita bisa mengambil penerbangan lokal dari Padang ke Sipora, pulau tempat ibukota Kabupaten Mentawai. Alternatif lainnya bisa ditempuh dengan perjalanan laut dari Pelabuhan Bungus di Padang. 

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

via: rt.wildasia.org, Didi Lotze

Wakatobi adalah singkatan dari nama empat pulau, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Kepulauan Wakatobi di lepas pantai tenggara Sulawesi terletak tepat di jantung Segitiga Karang Dunia. Posisi ini menjadikannya sebagai surga penyelaman untuk mengamati terumbu karang dan kehidupan laut tropis yang kaya. UNESCO telah menetapkan Wakatobi sebagai Cagar Biosfer Dunia.

Rute untuk menuju Wakatobi adalah dari Makassar, kemudian menuju ke Kendari, kemudian Bau-Bau, dan akhirnya ke Wangi-Wangi. Rute ini bisa ditempuh baik dengan jalur laut maupun udara. Pilihan penginapan yang tersedia juga cukup beragam, mulai dari resort sampai rumah penduduk.

5. Gili, Nusa Tenggara Barat

via: http://joelsantos.net

Kepulauan Gili di sisi barat laut Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para traveler. Kepulauan ini terdiri dari tiga pulau (gili) mungil, yaitu Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Di antara ketiganya, Gili Trawangan adalah yang terbesar dan juga memiliki fasilitas terlengkap untuk wisatawan. Banyak yang berkata bahwa pantai terbaik dengan air paling jernih mereka temukan di kepulauan ini.  

Untuk mencapai Kepulauan Gili, kita bisa menumpang perahu selama setengah jam dari Pelabuhan Bangsal di Lombok. Pelabuhan ini berjarak sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil dari Bandara Internasional Lombok. Jika lewat laut dari Bali, kita bisa menumpang ferry dari Pelabuhan Padang Bai menuju Lembar, kemudian melanjutkan perjalanan darat sampai ke Pelabuhan Bangsal.

6. Kei, Maluku

via: youtube.com, Pemkab Maluku Tenggara
Kepulauan Kei terbentang di tenggara Maluku, berbatasan dengan Laut Banda. Lokasinya ini menjadikan kawasan Kepulauan Kei sebagai tempat perlintasan banyak satwa eksotis mulai dari burung pelikan hingga paus. Pantai-pantai yang banyak digemari di kepulauan ini di antaranya adalah Ngurtafur, Ngurbloat, dan Ngur Sarnadan.

Untuk mencapai Kepulauan Kei, kita bisa mengambil penerbangan dari Ambon ke Langgur di Kei Kecil. Atau kita juga bisa menaiki kapal laut dengan rute ke Tual.

7. Morotai, Maluku Utara 

via: https://www.instagram.com/ilhamarch/

Morotai adalah nama pulau sekaligus kabupaten yang terletak di ujung utara Provinsi Maluku Utara. Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang dan pulau-pulau kecil lain dengan garis pantai yang menakjubkan. Acara pelayaran internasional Sail Morotai pada 2012 digelar oleh pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan keindahan pulau ini kepada dunia.  

Untuk menuju ke Morotai, pertama-tama kamu bisa terbang ke Bandara Sultan Babullah Ternate. Setelah itu melanjutkan perjalanan laut dengan kapal dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate. Alternatif lain, dari Ternate kamu bisa menyeberang ke Sofifi, lalu menempuh perjalanan darat sampai ke Tobelo sebelum menyeberang ke Morotai. Atau kamu bisa menggunakan jalur udara langsung dari Ternate ke Morotai, namun moda ini tidak tersedia setiap hari.

You Might Also Like

0 komentar