Unjuk Kekuatan Dalam Gulat Mongolia

5:39:00 PM

Mongolia punya sebuah olahraga nasional yang unik dan tergolong sangat maskulin. Olahraga ini disebut Bökh, yaitu sejenis olahraga gulat tradisional yang telah dimainkan turun-temurun oleh para pria di negara ini. Sejak kecil, anak-anak pria di Mongolia sudah dilatih dan diharapkan dapat menjadi pegulat tangguh saat besar nanti.


via: http://altaitour.mn
Gulat adalah satu dari tiga olahraga utama Bangsa Mongolia, di samping berkuda dan memanah. Gulat Bökh telah dimainkan oleh para pria di padang rumput stepa Asia Tengah sejak 5.000 ribu tahun lalu, terbukti dari sejumlah lukisan kuno di dinding gua yang menggambarkan adegan pria-pria telanjang sedang bergulat. Jejaknya masih bisa ditemui pada keturunan bangsa-bangsa berkuda dari Asia Tengah ini, seperti Turki yang juga punya olahraga nasional Gulat Turki.


Aturan gulat ini cukup sederhana, yaitu berusaha mengalahkan lawan dengan cara membuat tubuh bagian atas, lulut, atau siku lawannya menyentuh tanah. Setiap pegulat berusaha mati-matian agar tubuhnya tak terjatuh sambil berusaha untuk terus menjatuhkan lawannya. Mereka bisa menggunakan berbagai teknik untuk membuat lawan terjatuh, namun ada beberapa larangan seperti tidak boleh memukul dan mencekik.


via: http://www.intjudo.eu
Festival gulat terbesar di Mongolia disebut Nadaam, diadakan di ibukota Ulan Bator pada musim panas sekitar Juli setiap tahunnya. Jumlah pegulat pada festival ini bisa sangat banyak dengan babak penyisihan yang panjang. Festival ini biasanya menjadi incaran para turis yang ingin melihat meriahnya olahraga nasional Mongolia.

via: https://www.flickr.com/photos/istolethetv/
via: naadamfestival.com
via: livefromub.com

You Might Also Like

0 komentar