Semarak Tahun Ayam di Solo

11:15:00 AM


Menyambut Tahun Baru Imlek 2017, Solo kembali menggelar Solo Imlek Festival (SIF) yang dipusatkan di kawasan Pasar Gede dan Klenteng Tien Kok Sie. Kali ini, PaperKampung berkesempatan nih untuk menyaksikan langsung keramaian festival ini. Yuk kita intip seperti apa serunya.


Untuk menyambut Imlek kali ini, Solo Imlek Festival memasang 5.000 lampion di atas jalanan sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo. PaperKampung datang ke kawasan Pasar Gede Solo setelah hari beranjak gelap, ketika lampion sudah dinyalakan. Siapin kamera dulu ah, wajib selfie yang banyak nih di sini!


Karena ini adalah Tahun Ayam berdasarkan shio, maka ada banyak lampion berbentuk ayam yang dipajang di pinggir jalan. Selain itu, ada juga lampion lainnya yang berbentuk 12 hewan shio. Lampion-lampion hewan ini merupakan sumbangan berbagai instansi, perusahaan, dan sekolah di Solo. Pada bagian bawahnya, kita bisa membaca nama penyumbang lampion.



Yang tidak kalah menarik dari Solo Imlek Festival adalah perpaduan unsur budaya Tionghoa dan Jawa dalam festival. Misalnya bisa dilihat pada gapura Imlek yang menggunakan unsur batik Solo. Warga Tionghoa di Solo juga menyelenggarakan kegiatan Grebeg Sudiro, yaitu penyambutan tahun baru Imlek dengan perpaduan adat Tionghoa dan Jawa. Betul-betul bhinneka tunggal ika deh.

 

Selain menikmati gemerlap ribuan lampion yang menggantung di sepanjang jalan, kita juga bisa mencicipi aneka kuliner dan jajanan yang dijual di pinggir jalan. Ada juga juga panggung hiburan, namun sayangnya sedang kosong saat PaperKampung datang. Masyarakat Solo tampaknya sangat antusias dengan festival ini, terbukti dari kepadatan pengunjung di sekitar Pasar Gede yang betul-betul luar biasa.



Solo Imlek Festival merupakan agenda tahunan Kota Solo. Yuk datang dan meriahkan! Untuk tahun 2017 ini, Solo Imlek Festival berlangsung selama 3 pekan, mulai dari 17 Januari sampai 11 Februari 2017. Lampionnya dinyalakan setiap hari sejak pukul 6 sore sampai pukul 5 pagi. 

Butuh rekomendasi tempat menginap di Solo? Hotel Amarelo & Adhiwangsa bisa jadi pilihan kamu.
Info dan pemesanan Hotel Amarelo, silakan cek di sini.
Info dan pemesanan Hotel Adhiwangsa, silakan cek di sini.


You Might Also Like

0 komentar