Riam Berawan, Air Terjun Memukau di Bengkayang Kalbar

2:27:00 AM

via: ihzaarhl21_
Ini dia salah satu riam atau air terjun tertinggi di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Riam Berawan yang menjulang setinggi 75 meter di tengah lebatnya hutan hujan tropis Borneo. Tepatnya di Dusun Biang, Desa Bengkawan, Kecamatan Seluas. Pesonanya yang misterius membuat banyak orang tertarik berkunjung kemari.

via: arif_hdyt21
Nama Berawan berarti emas dalam Bahasa Dayak setempat. Konon di antara derasnya aliran riam, kadang muncul penampakan rusa memancarkan sinar keemasan. Dari legenda ini lah kemudian dinamakan Riam Berawan.

via: aldio_a_putra
Aliran air Riam Berawan yang berasal dari Sungai Biang sangat deras karena hutan hujan di sekitarnya yang memasok air. Ini mengingatkan kita pentingnya untuk menjaga ekosistem hutan, yang salah satu fungsinya mempertahankan kestabilan debit air di sungai-sungai. Pada hari-hari cerah ketika sinar matahari melewati riam, kita berkesempatan untuk menyaksikan pelangi di sini.

via: adila_gusmiarni10
Semoga keindahan ini selalu terjaga. Jadi rawat terus hutan kita. Jangan lupa jaga kebersihan dan follow IG kita ya di: @paper_kampung

   
via: kety_priscylia94

You Might Also Like

0 komentar