Serunya Jajan di Tengah Hutan Bambu di Pasar Papringan, Temanggung

8:46:00 PM

via: laraleeeats
Ini pasar yang hanya buka dua minggu sekali dan selalu ditunggu para penggemarnya dari berbagai daerah. Di pasar ini kita bisa menemukan berbagai macam jajanan dan masakan tradisional dari jaman dulu yang udah jarang ditemui sekarang, dengan setting keren di tengah hutan bambu. Namanya Pasar Papringan, terletak di Desa Ngadiprono, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

via: rizky_ky_kurniawan
Biar pun letaknya di desa, pasar ini selalu ramai oleh pengunjung yang datang dari luar daerah. Model pasar ditata apik sedemikian rupa sehingga terasa seperti di masa lalu, lengkap dengan jalan pasar yang dibuat dari susunan batu. Masakan dan jajanan khas Jawa tempo dulu dijual di sini, seperti pecel, gudheg, gemblong, gethuk, bajingan kimpul, jenang, combro, wedang tape, serta dawet ayu.

Ada juga menu seperti soto ayam, nasi kuning, gulai, rujak, sego jagung, sampai jajanan kekinian. Semuanya hasil kreasi warga Desa Ngadiprono. Packaging-nya juga unik, tidak ada plastik dan hanya mengandalkan bahan alami seperti daun pisang dan keranjang anyaman. 

via: fhung
Untuk belanja di sini, kita harus menukar dulu uang kita dengan kepingan koin bambu. Tidak hanya jajanan, Pasar Papringan juga menjual aneka hasil bumi berupa sayur dan buah, kerajinan, hingga mainan anak tempo dulu. Ada juga pertunjukan gamelan sampai ruang baca untuk anak-anak. Pasar Papringan digagas oleh Spedagi Movement yang berupaya menerapkan ide-ide revitalisasi desa.

via: yokhebed_yona
Yuk jajan di Pasar Papringan! Jangan lupa jadwalnya tiap hari Minggu Wage dan Pon dalam penanggalan Jawa, buka mulai pukul 6 pagi sampai 12 siang. Follow juga IG kita ya di: @paper_kampung   

via: guffybach

You Might Also Like

0 komentar